Trading atau Investasi Saham ?? Lebih untung mana sih ??

trading atau investasi saham

Kita akan bahas sesuatu hal yang sering menjadi perdebatan para investor yaitu trading saham atau investasi saham, sebenarnya lebih menguntungkan yang mana ?? simak pembahasan dibawah ini.

Definisi Trading dan Investasi Saham

Definisi Trading Saham adalah suatu kegiatan membeli saham dan menjual saham kembali untuk memperoleh keuntungan

Sedangkan Investasi Saham adalah suatu kegiatan membeli saham diniatkan untuk memiliki sebuah perusahaan tersebut

Lha terus bedanya apa ?? kan jadi bingung yaa..

Ini seperti membedakan telur ayam kampung dan telur ayam sayur, keduanya sama-sama telur.

Jika kami analisa, perbedaanya ada pada niat dan tujuan seorang investor tersebut pada saat membeli saham

Investasi Saham (The Real Investor)

Seorang Investor yang benar-benar Investor adalah ada pada niatnya untuk membeli perusahaan tanpa menjualnya kembali, dia ikut andil menjadi bagian proses bisnis dan penentu kebijakan di perusahaan itu, sedangkan keuntungan yang dia dapatkan ada pada Deviden dari perusahaan itu. Inilah Investor yang Sesungguhnya.

Trading Saham (Trader)

Sedangkan mereka yang membeli saham dengan maksud menjualnya kembali suatu saat nanti di harga yang lebih tinggi adalah seorang Trader, entah itu menjualnya dalam kurun waktu berapapun mau tahunan, bulanan, mingguan atau harian bahkan dalam hitungan menit seperti trader scalper, Mereka itu masih dibilang seorang Trader.

Apakah ada yang salah dari seorang trader ? atau investor ?

Jelas keduanya sama sekali tidak ada yang salah, yang salah adalah orang yang tidak berinvestasi untuk masa depanya

Jujur sangat sulit membedakan antara keduanya, nah.. dari pada membahas dan memperdebatkan keduanya, akan lebih baik jika anda langsung terjun berinvestasi, okey ?

Lebih menguntungkan mana antara Trading saham atau Investasi saham ??

Tentu saja keduanya sama sama menguntungkan, lebih menguntungkan yang mana tergantung pada bagaimana masing-masing permainan seseorang, istilahnya adalah “Man Behind The Gun”.

Trader apa tradernya, Investor apa investornya, tergantung masing-masing orangnya

Jika analisa seorang trader lebih baik dari pada investor sudah pasti lebih menguntungkan Trader, dan sebaliknya. Analisa disini bisa ke analisa teknikal dan analisa fundamental saham

Apa saja yang dilakukan seorang Trader & Investor ??

Seorang trader lebih banyak menganalisa saham secara teknikal, melihat sentimen pasar di berita-berita, melihat pergerakan volume transaksi saham (bandarmology), setelah mereka analisa barulah menentukan pembelian saham dan menunggu hingga periode tertentu, setelah take profit beberapa persen baru mereka jual sahamnya

Sedangkan yang dilakukan seorang Investor hanya satu, yaitu menganalisa fundamental saham, seorang investor selalu melihat laporan keuangan perusahaan yang di invest, Keuntungan penjualan saham menjadi opsi kedua setelah mendapatkan deviden dari perusahaan itu. Biasanya mereka menjual saham dengan profit yang sangat besar hingga ribuan persen karena memang mereka memegang saham hingga bertahun-tahun dalam jangka waktu yang lama

Itulah perbedaan Trading saham atau Investasi saham beserta keuntunganya

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *