Tips Menjadi Karyawan SUKSES, GAJI Melebihi Direktur !!

tips menjadi karyawan sukses

Jangan heran, anda pun bisa menjadi karyawan sukses seperti mereka-mereka yang bekerja dikantor entah itu di perusahaan swasta atau Pegawai Negeri (ASN) dengan BEBAS tanpa memikirkan jabatan, gaji perbulan, ketawa-ketawa karir, ketakutan dan kecemasan di kucilkan atasan, semua bisa anda dapatkan.

Lalu apa yang harus dilakukan anda supaya bisa seperti mereka ? sebenarnya hanya sedikit saja yang dibutuhkan, yaitu perubahan dari diri anda sendiri yang lebih Visioner.

Lebih Visioner Adalah Kuncinya

MSI menulis ini untuk anda semua yang sudah bekerja di manapun menjadi pegawai atau karyawan, tetapi masih merasa kurang finansial, masih mengandalkan dari satu sumber pendapatan yaitu Gaji Bulanan.

Nah misalkan satu-satunya sumber pendapatan anda itu hilang bagaimana ?

Mungkin ada diantara anda sekalian yang merasa demikian, sehingga anda bekerja di kantor dengan tingkah yang lucu, apakah kalian tidak berfikir ketika anda bertingkah sangat lucu di kantor ? Serius ini lucu banget.


Ketakutan & Kecemasan Lucu Di Kantor

Salah satu contohnya adalah ketika jam pulang yang seharusnya anda bisa pulang, ini malah tidak pulang, merasa tidak enak kepada atasan anda yang masih stay di kantor.

Seharusnya jika memang tidak ada yang dikerjakan ya pulang saja yaa.

Kenapa harus bertingkah laku demikian ? Ya tentunya karena anda takut akan di anggap bekerja tidak maksimal, takut di anggap jelek kinerjanya, dan kecemasan-kecemasan yang lain.

Selain hal diatas juga banyak tingkah-tingkah lucu yang anda lakukan bukan ? seperti tertawa karir, senyum karir anda, bukankah itu tidak seperti diri anda sendiri ?

Memangnya ada ya yang seperti ini ? Banyak banget. Padahal anda di gaji bukan untuk waktu anda bekerja jam berapa sampai jam berapa, tapi untuk apa yang telah anda kerjakan.

You are paid what you have done, not your work time

Bagi anda yang merasa demikian, saran MSI adalah STOP kebiasaan-kebiasaan ini dan Jangan di teruskan .. !!

Nah trus, karir kita gimana dong ? nanti di anggap tidak bekerja maksimal gimana ? nanti atasan benci ke kita gimana ? trus gimana ?

Sudah – sudah, Stop juga kecemasan-kecemasan anda soal ini, dan Mulailah menciptakan sumber pendapatan yang baru.

Maksudnya Resign dari kantor ?

Bukan !! maksud MSI disini adalah anda tetap bisa bekerja di tempat anda bekerja yang sekarang, namun anda juga bisa mendapatkan penghasilan-penghasilan tambahan yang lain.

Memangnya apa hubunganya antara mendapatkan pekerjaan tambahan dengan rasa-rasa ketakutan dan kecemasan di kantor yang ada diatas ?

Ciptakan Sumber Pendapatan Baru !!

Tentunya ada hubunganya, dengan anda menciptakan sumber pendapatan yang baru, pasti anda akan merasa lebih percaya diri di dalam kantor, tidak merasa ketakutan atau kecemasan, dan anda mempunyai sebuah Visi dan cara pandang bekerja lebih baik dari orang-orang yang hanya mengandalkan sumber pendapatan dari Gaji bulanan.

Dan yang paling penting adalah anda bisa mempunyai cara pandang kedepan yang lebih Visioner bukan hanya untuk anda saja, namun juga untuk perusahaan tempat anda bekerja.

Akhirnya, anda tidak hanya berhasil menciptakan sumber pendapatan yang baru, namun anda juga mendapatkan karir yang lebih baik di kantor.

Masih bingung ?


Contoh 1 Karyawan yang Akan Gagal

Misalkan seorang karyawan yang bekerja di sebuah Pabrik Kayu sebagai pelaksana Akuntansi, gaji perbulan dia adalah 3 Juta perbulan, dan Tunjangan Kinerja 1,5 Juta perbulan, Tunjangan tersebut bisa di dapatkan jika berkinerja dengan baik di setiap bulannya yang di nilai oleh atasan MSI.

Total penghasilan adalah 4,5 juta perbulan, itu pun jika berkinerja dengan baik.

Semua tolak ukur penilaian baik atau buruk yang memberikan adalah Atasan dari dia, tentunya ada parameter-parameter yang sudah disediakan.

Walaupun anda sudah Percaya Diri berkinerja baik, namun sisi subjektifitas tetap nampak disana.

Pasti sebagai manusia pada umumnya akan merasa harap-harap cemas akan hal ini, setiap akhir bulan pasti bertanya-tanya “Saya dapat tunjangan tidak yah ? bulan ini saya berkinerja baik tidak yah, kalo tidak baik gimana yah, nanti kalo dianggap jelek gimana yah..

Duh takut di pecat, takut ini takut itu.., nanti semisal tidak dapat tunjangan, cicilan rumah gimana, anak sekolah gimana, belanja istri gimana..” Terus dan terus bertanya-tanya akan hal ini.

Hindari Tingkah Laku Seperti ini !!

Pasti akan bertanya-tanya seperti itu, benar kan ? Akhirnya anda bertingkah lucu di kantor seperti yang sudah MSI bahas di atas.

Ya.. mungkin anda pernah mendengar istilah “Penjilat” untuk mendekatkan diri kepada Atasan, bukanya mendekatkan diri kepada Tuhan, ini malah kepada Atasan secara tidak natural.

Okelah, misalkan saja dia melakukan hal tersebut, dan atasanya sudah menganggap bahwa dia berkinerja baik, namun apa dampaknya ?

Dampak yang terjadi adalah orang-orang sekeliling anda akan tidak suka kepada anda, Atasan anda respek terhadap anda bukan karena skill kinerja anda, namun karena anda yang pintar dalam hal melayani atasan. Dan yang paling fatal adalah yakinlah skill dan pengetahuan anda tidak Berkembang.

Anda mengerjakan satu hal yaitu “P**ji**t“, memang anda mendapatkan yang anda mau, tetapi mengorbankan banyak hal yang seharusnya itu menjadi senjata pamungkas anda.

Berbeda dengan contoh karyawan yang ini,


Contoh 2 Karyawan yang Akan Sukses

Masih sama dengan cerita diatas, seseorang yang bekerja di pabrik kayu sebagai pelaksana akuntansi dengan gaji perbulan 3 juta, tunjangan kinerja 1,5 juta jika berkinerja dengan baik di setiap bulannya.

Singkat cerita dia termotivasi oleh seseorang yang sukses, dan dia ingin belajar hal-hal baru, namun dengan keterbatasanya dia yang seorang karyawan, dia memilih belajar hal-hal sederhana yang memungkinkan dia pelajari.

Teruslah Belajar Hal Baru Hingga Profit Terbentuk

Akhirnya dia memilih mempelajari dan menekuni dunia Internet Marketing, karena internet marketing bisa belajar dimana saja tidak terbatas waktu dan tempat.

Disetiap bekerja pasti ada beberapa selang waktu untuk istirahat, di sela-sela jam istirahat, disisi lain dia belajar tentang strategi internet marketing, hingga dia mempunyai sebuah Blog atau Website yang mempunyai banyak visitor.

Semakin lama menggeluti dunia Internet Marketing, dia pun mulai mengerti bagaimana Strategi Digital Marketing yang baik, bagaimana cara mendapatkan calon pelanggan yang prospektif, bagaimana memasarkan produk dengan cepat dan banyak lagi.

Profit Terbentuk dari Hal yang Sederhana

Tidak disadari Hobinya itupun membawakan berkah tersendiri untuk dirinya, ratusan dolar dia hasilkan setiap bulanya, hanya karena hobinya yang menekuni dunia internet marketing di sela-sela waktu bekerjanya.

Dia sama sekali tidak memperdulikan kinerja dia baik atau buruk, tidak melakukan hal-hal lucu yang ada diatas, dia sama sekali cuek akan semua hal itu, bekerja ya bekerja sesuai dengan tanggung jawab dia, pulang ya pulang, gajian ya gajian.

Dalam kurun waktu tertentu ternyata hobinya sebagai internet marketing sudah membuahkan hasil banyak, malah gajinya dia dikantor saja tidak sebanding dengan hasil hobinya itu.

Dia sering cuti bekerja untuk menghadiri seminar yang memanggil dirinya sebagai pembicara, dia mengisi di banyak universitas tentang kisah nya dia di dunia internet marketing.

Kabar-kabar ini pun sudah banyak terdengar oleh teman-temanya dia dikantor, dan banyak pula atasan-atasan dia yang mengetahui keahlianya dan kiprahnya di dunia Internet Marketing.

Profit Baru Terbentuk & Karir Baru Mengikuti

Teman-temanya pun banyak yang bertanya-tanya kepadanya, dan menginginkan bimbingan darinya, sehingga banyak dari teman-temanya yang respect kepadanya.

Pada suatu saat Direktur di pabriknya memanggil dirinya, untuk bertanya-tanya tentang hobinya itu, dengan senang hati dia menjelaskan dari A hingga Z.

Pak direktur pun mulai tertarik, dan berkata “Apakah keahlianmu itu bisa di terapkan di perusahaan saya ? agar produk kayu perusahaan ini bisa laris ?

Akhirnya dia menjelaskan konsep strategis digital marketing yang baik dan tertarget kepada pak direktur itu, dan pandanganya dia kedepan tentang perusahaan tempat dia bekerja, agar perusahaan itu bisa laris penjualanya sehingga banyak pelanggan dan dari dalam negeri dan luar negeri.

Karir dia pun meningkat, tidak lebih dari 3 tahun dia sudah menjabat sebagai “Head Office of Digital Marketing”.


Sekarang Apa yang sudah dia dapatkan ?

Karyawan tersebut sudah mendapatkan Jabatan yang baik, Karir yang baik dan Penghasilan tambahan dari hobinya yang besar. Tentunya dia mendapatkan semua itu karena Skill nya yang mumpuni, bukan dengan cara-cara “P**ji**t“.

Dari cerita diatas, mana yang ingin anda tauladani ? cerita 1 atau cerita 2 ?

Terlalu Berintegritas Juga ada Buruknya

Integritas anda tinggi di tempat kerja anda itu salah satu point yang paling baik dalam bekerja, tentu saja semua karyawan dituntut untuk berintegritas, karena ini adalah modal dasar anda bekerja. Tidak ada satupun perusahaan yang mau menerima anda yang tidak berintegritas.

Seseorang yang berintegritas tentu saja berpeluang mendapatkan karir yang baik di perusahaan.

Namun nyatanya tidak semuanya seperti itu, terkadang di perusahaan pun ada sisi negatif nya, sisi keadilan pun terkadang perlu dipertanyakan. Keluhan-keluhan di setiap karyawan sering terjadi.

“Padahal saya lebih baik dari pada si Amir kinerjanya, saya achieve terus sedangkan si Amir tidak, tetapi kenapa si Amir yang naik jabatan, ini tidak adil”

Keluhan KARYAWAN

Setiap perusahaan mempunyai misi terselubung dan sisi politik yang sangat variatif, seperti contohnya misteri diatas, Sungguh tidak dapat dipahami dengan logika.

Mungkin bisa jadi si Amir adalah anak dari seorang pejabat tinggi, atau si amir adalah titipan dari seseorang investor dari perusahaan tersebut, jadi perusahaan juga susah untuk memutuskan hal ini.

Karena kenapa ? karena perusahaan juga memikirkan kelangsungan bisnisnya yang menyangkut kepentingan manajemen itu sendiri, saran MSI tetaplah berfikir positif, mungkin dia dahulu yang naik jabatan, saya nanti, ini hanya masalah waktu saja.


Coba anda bayangkan dengan cerita karyawan yang sukses diatas, dengan menekuni hobinya dia tidak memikirkan apapun yang menjadi keputusan manajemen perusahaanya, dia fokus hanya bekerja dengan baik, dan menekuni hobinya itu.

Akhirnya dia mendapatkan semua yang dia inginkan dan bahkan yang diluar ekspetasi dia, tanpa ada rasa kecewa di hatinya (kecewa karena pekerjaan dikantor) .

Memulai Pikiran & Pandangan Baru

MSI menulis ini tidak asal menulis, karena MSI sedang menceritakan kisah seorang karyawan yang sukses, tidak hanya di kantor saja, bahkan karirnya di bidang lain juga sukses. Pada saat itu take home pay nya melebihi seorang Direktur di tempat dia bekerja.

Mulailah anda sering-sering melihat dan membaca biografi seorang yang sukses seperti Warren Buffet yang satu tahun hanya bekerja sebanyak 4 kali saja, tetapi masuk nominasi orang terkaya di dunia.

Dengan banyak anda mengetahui kehidupan orang-orang ternama, maka alam bawah sadar anda akan terbentuk dan sedikit demi sedikit anda mempunyai motivasi ingin mengikuti jejak mereka.

Satu hari terdiri dari 24 jam, sudah terbagi 8 jam untuk tidur, 8 jam untuk waktu bersama keluarga, dan 8 jam waktu untuk anda bekerja dikantor.

Pertanyaanya, Bagaimana mungkin bisa menciptakan sumber pendapatan lain sedangkan waktu anda sudah terbagi habis ?

Anda bisa mencari sebuah peluang usaha, atau minimal sebuah hobby yang simpel, yang berpotensi mendapatkan penghasilan tambahan.

Ini Point Visioner yang Harus anda Miliki

Ya contohya seperti karyawan sukses diatas yang menekuni dunia internet marketing, atau anda juga bisa melakukan investasi saham seperti yang sudah di bahas MSI sebelumnya.

Memang secara waktu anda tidak cukup untuk memulai, tetapi setidaknya anda mempuyai modal yang bisa anda sisihkan dari penghasilan anda perbulan, dari pada orang yang tidak bekerja sama sekali.

Mulailah dengan hal-hal yang sederhana, misalkan belajar berinvestasi saham maybe ? atau apapun yang simpel-simpel saja tidak usah terlalu berat yang memakan banyak tenaga.

Karena MSI disini adalah seorang Investor Saham, maka MSI menyarankan bagi kalian-kalian yang termotivasi dengan kata-kata diatas, mulailah berinvestasi saham terlebih dahulu,

karena ini adalah hal yang sangat mudah layaknya anda menabung di Bank, tetapi profitnya seolah-olah anda sedang melipat gandakan uang anda.

Suatu Negara bisa maju bukan karena banyak pegawainya, bukan karena banyak PNS / ASN nya, bukan karena banyak orang yang bekerja untuk orang lain.

Melainkan, banyaknya seorang enterpreneur, yang berdikari, mandiri, tidak bergantung pada satu penghasilan, minimal banyaknya orang yang mempunyai pemikiran Visioner.

Jadi, Intinya jika anda seorang karyawan, tetaplah berfikir visioner kedepan, jangan mudah puas dengan anda yang sudah mendapatkan Gaji perbulan dari tempat anda bekerja

Review Overview
SUMMARY

ternyata ada seorang karyawan dengan usaha sampingan profitnya melebihi gaji direktur, ini hanya beda mindset saja dengan karyawab pada umumnya baca tipsnya

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *