5 Hal Yang Perlu Di Perhatikan Dalam Memilih Sekuritas

tips memilih sekuritas

Bab Ketiga, Tips memilih sekuritas, menerangkan poin-poin penting yang harus anda perhatikan saat memilih perusahaan sekuritas, Serta MSI akan mereview beberapa Perusahaan sekuritas yang tergolong baik menurut pengalaman MSI agar anda mendapat gambaran yang jelas.

Selamat Belajar,..

Tentunya dalam bertransaksi saham, pemilihan sekuritas tidak boleh asal. Mengapa harus pintar memilih sekuritas? karena sekuritas ini yang akan melayani segala transaksi kamu mulai dari penyimpanan uang, transaksi jual-beli saham, fitur dalam transaksi online, laporan keuangan, dan masih banyak lagi lainnya.

Bacalah beberapa Rekomendasi Perusahaan Sekuritas Terbaik sebelum berinvestasi saham.

Di bawah ini tips memilih sekuritas yang harus anda perhatikan sebelum memilih perusahaan sekiritas.

Platform Online Trading

Banyak perusahaan sekuritas terdaftar Bursa Efek Indonesia, namun hanya beberapa yang enak dan nyaman buat transaksi saham.

Apa harus enak dan nyaman ? kan sama-sama bisa bertransaksi.

“Transaksi Saham” jangan anda dimaknai secara sederhana, karena ini menyangkut kecepatan dan ketepatan serta ergonomis penggunaan aplikasinya.

Semakin bingung ?

Nanti saat anda akan membeli atau menjual saham, anda pastinya menentukan harga, nah sedangkan harga saham cepat sekali pergerakanya, jika platform aplikasi yang disediakan oleh sekuritas tidak mumpuni maka anda semakin kesulitan bertransaksi saham.

Ini adalah faktor utama untuk memilih sekuritas, apakah dia mempunyai fasilitas aplikasi online trading yang baik atau tidak.

Jadi pilihlah perusahaan sekuritas yang mempunyai platform online trading yang handal. Ingat ! ini hukumnya wajib.

Lalu mencari yang handal menilainya dari mana ?

Ada dua syarat yang melandasi bahwa platform aplikasi online trading sekuritas ini bisa di bilang handal yaitu Kecepatan dan Kenyamanan Platform.

A. Kecepatan Transaksi

Pastikan sekuritas yang kamu pilih adalah sekuritas yang memiliki kapabilitas untuk bertransaksi secara cepat, bayangkan jika platform sekuritas yang dipakai lambat, bisa-bisa kamu akan kehilangan momentum harga yang pas.

Studi Kasus

Harga saham itu sangat cepat bergeraknya, misalnya seperti ini, anda mengincar saham BBRI di harga 3000, ketika saat ini harga sudah menginjak 3000 namun platform aplikasi anda lama untuk bertransaksi maka anda kehilangan momentum harga tersebut, bisa jadi saham tersebut naik menjadi 3500, jadi rugikan, andai saja harga 3000 sudah anda beli, dan sekarang sudah 3500, kan tinggal milih, kalo dijual kita untung, kalo di tahan kita untung banyak nantinya.

B. Kenyamanan Transaksi

Cepat belum tentu nyaman, dan sebaliknya. Salah satu contoh ketika platform trading yang digunakan tidak nyaman adalah ketika kita akan menjual saham, malah yang di pilih tombol “Buy” akhirnya membeli lagi di harga yang sudah mahal, dan sebaliknya.

Apakah ada yang seperti itu ?

Dulu MSI saat awal-awal juga seperti itu, ingin menjual saham malah memilih tombol “Buy” karena platform yang digunakan tidak ergonomis.

Jadi pastikan platform trading online sekuritas anda Handal, ini adalah hal yang utama.

Harga Fee Broker yang Kompetitif

Fee adalah biaya yang kamu keluarkan untuk membayar si sekuritas tersebut atas jasanya melayani transaksimu. Besaran fee setiap sekuritas berbeda-beda, pilih yang sekecil mungkin namun jangan sampai mengabaikan fasilitasnya ya. Ini adalah besaran fee untuk setiap sekuritas di atas.

Fee broker adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan dalam memilih sekuritas.

Dibawah ini contoh beberapa sekuritas yang MSI ambil harga jual dan beli.

Sekuritas Fee Beli Fee Jual
Mirae 0,15% 0,25%
BNI Sek 0,15% 0,25%
Mandiri Sek 0,18% 0,28%
Sinarmas Sek 0,15% 0,25%

Bingung ya ?

Perusahaan Sekuritas yang menjadi perantara antara investor dan Bursa Efek Indonesia tentu saja mengambil keuntungan.

Anda tidak usah bingung dengan fee jual dan fee beli, tinggal jumlahkan saja keduanya.

Studi Kasus

Contoh MSI menggunakan Mirase Asset Sekuritas, Fee Beli 0.15% dan Fee Jual 0.25%, dijumlahkan hasilnya 0.4%.

Jika MSI akan investasi sejumlah 10 Juta Rupiah, dan ketika sudah untung 5%, maka sebenarnya yang diterima oleh investor sebesar 4.6% saja karena sudah dipotong biaya fee sekuritas.

Saran MSI agar saat investasi tidak rugi fee broker, anda harus menjual saham dengan keuntungan minimal 0.4%.

Jadi intinya lebih kecil Fee Broker, maka sekuritas tersebut boleh dipertimbangkan, sepengalaman MSI paling murah Fee broker jual & beli adalah 0.4%, Siapa tahu anda menemukan yang lebih murah, bisa komentar dibawah ini ya.

Harga Deposit Awal

Ini hanya deposit saja ya, jadi uangnya akan tetap masuk rekening kamu. Setiap sekuritas memiliki minimal deposit tersendiri.

Dibawah ini beberapa daftar harga deposit awal dari beberapa perusahaan sekuritas.

Sekuritas Deposit Awal
Mirae Asset Rp10.000.000
BNI Sekuritas Rp1.000.000
Indopremiere Rp100.000
Sinarmas Sekuritas Rp5.000.000

Deposit yang anda lakukan adalah guna untuk mengisi rekening RDN anda, setiap perusahaan mempunyai kebijakan yang berbeda-beda, yang pasti deposit ini bukan untuk perusahaan sekuritas, tapi untuk mengisi rekening RDN anda, lebih lanjut tentang Rekening RDN anda bisa membaca di artikel ini Keunikan Rekening Saham RDN.

Untuk mimimun deposit awal bukan menjadi suatu acuan sekuritas baik atau buruk, tetapi lebih disesuaikan pada kemampuan finansial anda saja.

Perusahaan Sekuritas Terdaftar di OJK & Bursa Efek Indonesia

Anda harus memperhatikan hal ini juga dalam pemilihan sekuritas, perusahaan perlu mendapatkan ijin ke OJK sebagai tanda legalitas serta untuk kenyamanan dan keamanan nasabah karena OJK dapat mengawasi segala aktivitas yang kaitannya dengan keuangan nasabah pada perusahaan tersebut.

Untungnya MSI sudah mempunyai daftar perusahaan sekuritas yang telah terdaftar di OJK dan BEI, anda bisa lihat di link ini Daftar Perusahaan Sekuritas Resmi Bursa Efek Indonesia

Fitur Informasi Pasar Saham

Di setiap perusahaan sekuritas pasti mempunyai aplikasi online trading, dan di aplikasi itu pasti tersedia bermacam-macam papan informasi untuk membantu kita menganalisis emiten, Pilihlah sekuritas yang mempunyai informasi yang lengkap, anda bisa menanyakan terlebih dahulu kepada petugas marketing sekuritas tersebut.

Ini penting juga, setiap hari pasti anda melihat papan informasi ini, jadi usahakan anda memahami apa saja yang akan diberikan di platform aplikasi online tradingnya.


Review Perusahaan Sekuritas Versi MSI

MSI sudah meringkas urutan skala prioritas dari ke-5 Point diatas yang harus anda pahami. Urutanya sebagai berikut.

  1. Platform Online Trading
  2. Fitur Informasi Pasar Saham
  3. Harga Fee Broker yang Kompetitif
  4. Perusahaan Sekuritas Terdaftar di OJK & Bursa Efek Indonesia
  5. Harga Deposit Awal

Anda bisa membandingkan sekuritas satu dengan lain dengan cara mencari tahu lewat website masing-masing sekuritas atau dengan bertanya dengan marketing sekuritasnya.

Untungnya MSI akan memberikan beberapa perusahaan sekuritas yang layak digunakan, ini berdasarkan pengalaman MSI yang sudah mempunyai banyak akun sekuritas.

Anda bisa membaca rekomendasi perusahaan sekuritas terbaik versi MSI di Link berikut ini

Rekomendasi Perusahaan Sekuritas Terbaik, Murah & Powerfull

Sekian dari Master Saham Indonesia, terimakasih.

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *