Stockbit, Aplikasi Investasi Saham Generasi Milenial

aplikasi investasi saham kaum milenial stockbit

Review Stockbit – Hadirnya Stockbit memberikan warna baru di dunia investasi saham, fungsi dan tampilan yang baik dan lebih menarik, warna yang enak di pandang dan informasi yang terstruktur sehingga mudah dipahami oleh semua orang.

Tidak hanya itu, Fungsi aplikasi Stockbit ini juga bisa layaknya media sosial para investor yang dapat membuat status, poling, prediksi dan banyak lagi, sehingga membuat aplikasi stockbit menjadi lebih Powerfull.

Sudah MSI cantumkan pada artikel ini tentang aplikasi perusahaan sekuritas terbaik,

By the way, MSI bukan marketingnya Stockbit ya, ini hanya review stockbit saja. Menurut MSI, Sekitar 70% aplikasi investasi bawaan sekuritas banyak yang susah di pahami oleh pemula, namun tidak untuk Stockbit, jika tetap kebingungan, bahkan didalam stockbit disediakan panduan dan teknikal support.

Jika anda bertanya aplikasi apa yang enak untuk investasi saham ? maka MSI akan menjawab “Stockbit“, karena memang beda dari semua aplikasi yang sudah-sudah. Tentang Stockbit, Selengkapnya ada dibawah ini.

Gambaran Umum Stockbit

daftar akun stockbit

Untuk memulai anda bisa membuka website www.stockbit.com kemudian daftar terlebih dahulu menggunakan Gmail atau email biasa, bisa juga menggunakan akun facebook. Bagi yang sudah mempunyai akun, bisa langsung login saja.

sms verifikasi stockbit

Selanjutnya anda diminta untuk mencantumkan nomor hp untuk verifikasi, Ingat !! satu akun hanya bisa satu nomor hp saja. Setelah itu anda akan menerima kode pemberitahuan, dan silahkan kode tersebut di tulis pada kolom verifikasi.

fitur-fitur stockbit

Pada gambar diatas, fitur bertanda merah hanya dapat digunakan pada akun Gratis, sedangkan yang bertanda biru dapat digunakan juga akun anda sudah Premium bahkan jika premium semua fitur baik merah atau biru dapat digunakan semua.

Agar bisa mendapat akun premium bagaimana caranya ?

Ada 2 alternatif, yang pertama anda membayar bulanan pada stockbit, dan yang kedua anda membuka akun Sinarmas Sekuritas dan Deposit sebesar 5 Juta Rupiah, kebetulan Stockbit bekerjasama dengan sekuritas ini.

Ini hanya deposit saja, uang 5 juta masih tetap milik anda dan dapat ditarik kapanpun.

Jika anda ingin menggunakan Stockbit, MSI sarankan untuk menggunakan alternatif yang kedua ini. Mungkin berat diawal bagi anda yang belum siap dana 5 juta, tetapi ini hanya deposit saja seperti quote diatas, Toh nantinya anda akan menikmati fitur-fiturnya yang powerfull.

Fitur-Fitur Stockbit

MSI akan bedakan fitur stockbit menjadi 4 kategori menu yaitu, Stream, Analysis, Screener dan Optional Feature.

1. Stream

Update Status

MSI sudah bahas diatas bahwa di stockbit layaknya seperti media sosial para investor bisa update status juga, namun jangan dianggap remeh, jika setiap anda update status dan dirasa bermanfaat bagi para investor lain, maka investor lain bisa saja memberikan anda tip melalui Gopay. Enak kan ?

fitur stream stockbit

Contohnya jika anda memposting analisa anda, prediksi saham emiten X akan naik dan ternyata itu terjadi, maka orang-orang yang mendapatkan keuntungan bisa memberikan anda tip, tapi kembali lagi seberapa dermawan orang-orang tersebut.

Didalam Update Status ini terdapat beberapa kategori yang dapat anda sesuaikan seperti News, Report, Ideas, Prediction, Chart dan Insider, anda bisa memilih apa saja yang ingin anda baca dan pelajari.

Chating

Anda bisa melakukan komunikasi dengan investor-investor lain dan mungkin bertanya-tanya dengan teman anda melalui fitur chat ini.

fitur chating stockbit

Selain anda belajar saham secara otodidak, anda juga bisa belajar dengan investor-investor lain melalui fitur chating ini.

2. Analysis

Watchlist

Fitur ini berfungsi untuk mencantumkan saham apa saja yang ada di dashboard anda, agar bisa lebih sering dipantau pergerakan harganya dan terdapat shortcut buy/sell sehingga memudahkan anda dalam membeli dan menjual.

fitur watchlist stockbit

Diwatchlist ini anda juga bisa menambahkan sub-sub watchlist nya, misalkan anda ingin menambahkan kategori Tambang, atau apapun anda bisa melakukan kustomisasi disana dengan penamaan kategori yang bebas.

Chartbit (Pro Only)

ini adalah fitur Grafik harga saham berupa candle chart dan data yang disajikan adalah data realtime saat ini, disini juga terdapat fitur yang sangat banyak mulai dari Analisa teknikal dan fundamental, serta anda penggemar analisa teknikal bisa membuat rumus dan analisa sendiri menggunakan Tools Drawing.

fitur chartbit stockbit

Saat membuka fitur chartbit ini anda bisa langsung mencari saham apa yang akan ditampilkan di sebelah kiri atas, ketik saja misalnya “BBRI” maka otomatis grafiknya keluar seperti gambar diatas.

Bandarmologi (Pro Only)

Ini fitur yang sangat disukai para penggiat scalper, karena stockbit bisa mendeteksi saat saham ini di borong para investor besar, sehingga berdampak harga saham langsung naik pesat, dan sebaliknya. terdapat 2 indikator pada bandarmologi yaitu Akumulasi dan Distribusi, jika akumulasi maka investor-investor besar sedang membeli saham dan sebaliknya. Dengan fitur ini anda bisa tahu kemungkinan suatu saham akan naik atau turun.

fitur bandarmologi stockbit

Selain itu dibagian bandarmologi terdapat broker summary, broker summary ini menampilkan Top 10 sekuritas mana yang membeli dan menjual saham ini.

Hotlist (Pro Only)

Fitur hotlist ini menampilkan saham-saham mana yang mendapatkan kenaikan dan penurunan harga paling banyak. Sebenarnya MSI juga punya fitur ini anda bisa melihat di link berikut Top Gainer Saham Indonesia & Top Loser Saham Indonesia.

Orderbook

Fitur ini menampilkan secara realtime jumlah supply and demand setiap list harga pada setiap saham perusahaan. Orderbook ini anda bisa menampilkan lebih dari satu perusahaan.

fitur orderbook stockbit

Anda juga bisa menambahkan kategori-kategori yang dapat anda beri penamaan secara bebas, dan tersimpan, jadi ini dapat anda buka kapan saja ketika anda butuhkan untuk memantau transaksi saham-saham yang sudah anda pilih.

Valuasi (Pro Only)

Fitur ini hanya menampilkan seberapa besar valuasi perusahaan tersebut, dan membandingkan dengan perusahaan-perusahaan lain.

Finansial (Pro Only)

Fitur finansial dapat memudahkan anda menganalisa emiten dari laporan keuangan. Laporan keuangan dapat ditampilkan Quarterly (per 4 bulanan), Tahunan, YTD, 3 Tahunan, dan masih banyak lagi.

fitur finansial stockbit

Selain itu terdapat juga Key Ratio, ini adalah sebuah analisa formula perbandingan dari laporan keuangan, contohnya perbandingan laba dengan beban perusahaan, EPS, PER, PBV dan lain-lain.

Key Stat (Pro Only)

Ini adalah sebuah analisa lebih detail berupa rasio-rasio suatu emiten saham.

fitur keystat stockbit

Semua fitur rasio untuk analisa fundamental yang anda butuhkan ada semua disini, bahkan lebih detail dalam kurun waktu mingguan.

Profile (Pro Only)

Fitur ini berfungsi menjelaskan profil & gambaran umum emiten, lengkap dengan siapa pejabat-pejabat yang ada di dalamnya.

fitur profile emiten stockbit

Selain itu juga dijelaskan berapa saham yang beredar, siapa pemegangnya, dan masih banyak lagi sehingga para investor memiliki gambaran perusahaan yang di pegangnya.

Seasonality (Pro Only)

Fitur ini membantu investor untuk mengetahui trend pada suatu emiten. Trend ini berdasarkan kecenderungan naik dan turun di bulan-bulan apa saja.

fitur seasonality stockbit

Jadi investor bisa menganalisa berdasarkan kecenderungan di bulan-bulan tertentu, misalkan pada gambar diatas saham AALI di tahun 2019 cenderung turun di bulan Februari – Juli, namun cenderung naik pada bulan Agustus – Desember, maka pada tahun ini 2020, investor swing trader bisa investasi pada Quarter mendatang di bulan Agustus, dan saat bulan januari 2021 kembali di jual.

3. Screener

Screener (Pro Only)

Screener berfungsi untuk memfilter emiten sesuai dengan karakteristik yang anda tentukan sebelumnya, jadi anda tidak kesulitan untuk memilih emiten apa yang sesuai anda, karena jumlah emiten di Bursa Efek Indonesia sekitar ratusan hampir ribuan sangat tidak mungkin bagi investor memilah satu persatu.

fitur screener emiten stockbit

Karakteristik dapat anda sesuaikan berdasarkan fundamental dan teknikal, misalnya “PBV yang lebih dari 1”, maka otomatis akan menampilkan perusahaan yang memiliki rasio PBV yang lebih dari 1. Misalnya lagi “Moving Average Cross Up” maka akan menampilkan emiten yang indikator teknikal MA nya yang sedang berpotongan keatas.

4. Optional Feature

Price Alert (Pro Only)

Fitur ini berguna untuk seorang investor yang tidak banyak waktu luang, karena akan diberi peringatan saat harga saham emiten memenuhi syarat yang sudah di tentukan.

fitur price alert stockbit

Contohnya pada gambar diatas, anda bisa menambahkan beberapa perusahaan misalnya “ADHI” dan parameter kedua adalah posisi harga, disini MSI contohkan “> 1580” yang artinya jika saham ADHI lebih besar dari 1580, stockbit akan memberikan peringatan kepada investor.

Untuk apa ? ya mungkin untuk menjual saham ADHI atau membelinya kembali yang penting kita tahu harga saat itu dan tidak terlewat momenya.

Helpdesk

Yang paling disukai adalah ini, Aplikasi Stockbit menyediakan fitur Helpdesk berupa Chat kepada Customer Service terkait mungkin kendala atau apapun yang belum dipahami investor dan CS Stockbit akan membantunya.

fitur helpdesk stockbit

Ini sangat berbeda pada aplikasi sekruritas lain, walaupun tetap ada CS nya namun user tidak dipermudah untuk menanyakan kendalanya.

Jika terdapat fitur yang baru dari stockbit MSI akan mengupdate Review Stockbit melalui postingan ini. Sekian terimakasih.

Pros
  • Full Fitur
  • Informasi Lengkap
  • Realtime
  • Tampilan Yang Sangat Baik Sekali
Cons
  • Berbayar
Review Overview
Kemudahan
Realtime
Kelengkapan Informasi
SUMMARY

mengulas semua kelebihan dan kekurangan stockbit, cara daftar stockbit, cara menggunakan stockbit secara lengkap dan fitur bandarmologi stockbit

5.0

You Might Also Like

2 Replies to “Stockbit, Aplikasi Investasi Saham Generasi Milenial”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *