Perbedaan Saham dan Reksadana :: Lebih Untung Mana ??

perbedaan saham dan reksadana

Bicara Investasi, anda harus tahu perbedaan saham dan reksadana terlebih dahulu, ini penting banget buat hidup kita, memang sih manfaatnya ga akan bisa diterima secara langsung, tapi ke depan, percaya deh, kalian yang udah nglakuin investasi dari sekarang akan jauh lebih Bahagia dari pada kaum-kaum yang duitnya abis buat ngopi doank.

Investasi ada banyak jenisnya, tapi sayangnya ga banyak orang tahu jenis-jenis investasi lebih detail.

Pernah ada yang tanya ke aku, dimana dia bisa nyerahin duitnya buat investasi?

Hey, kalian juga bisa ngelola itu sendiri, no need people to ggrow your asset.

Investasi sendiri ada berbagai macam jenisnya, seperti saham, reksadana, Terus ada obligasi atau surat utang dari swasta maupun pemerintah, ETF, emas, dan lainnya.

Nah untuk lebih gampang memahaminya, aku akan coba kasih gambaran tentang 2 instrumen investasi yang paling terkenal nih, investasi saham dan investasi reksadana, apa beda keduanya?

Pengertian Saham dan Reksadana

Saham adalah sebuah bukti kepemilikan dari suatu perusahaan berupa lembaran saham. Porsi kepemilikan ini sendiri bergantung pada berapa porsi dana yang kita tempatin di perusahaan tersebut, ingin investasi saham ? bisa membaca artikel ini Cara Investasi Saham

Sedangkan Reksadana adalah wadah pengelolaan dana dari para investor yang selanjutnya akan di investasikan kembali dalam instrument investasi lainnya, seperti pasar uang, obligasi maupun saham.

Perlu dicatet disini reksadana juga dibagi ke dalam beberapa jenis ya seperti rekddsadana pasar uang, pendapatan tetap, campuran, atau reksadana saham

Reksadana saham ini beda dengan saham yang dijelasin barusan.

Bedanya.. kalo di saham seluruh transaksi bisa kita lakuin sendiri, seluruh aktivitas jual beli akan menjadi tanggung jawab kita, jadi kita mesti sediain waktu untuk memantau dan pasti dibutuhkan trik khusus untuk memilih saham yang bagus, termasuk resiko tinggi ya

Sedangkan kalo di reksadana enggak, kita akan dibantu oleh manager investasi yang akan membantu mengelola uang kita. Sehingga kita yang nggak punya waktu bisa santai dan menunggu hasil kerja portofolio dari manajer investasi yang kita pilih.

Nah kalo gitu, lebih untung mana antara saham dan reksadana?

High risk high return

Yap, kalo semua eksekusinya benar, kl kita berhasil memilih saham dengan benar, maka saham menjadi instrument investasi yang paling menguntungkan.

Sedangkan di reksadana, karena kita memperkerjakan MI nih, maka keuntungan juga akan dibagi untuk MI sesuai perjanjian di awal.

Sekarang dari sisi depositnya nih, berapa sih minimal deposit di saham dan reksadana?

Banyak yang bilang investasi reksadana lebih murah dari pada di saham? yap, betul banget.

Beberapa platform marketplace bahkan menawarkan pembelian reksadana dengan harga yang sangat murah, seperti Tokopedia maupun Bukalapak, kalian bisa mulai investasi dengan 10 ribu aja. 

Walapun di beberapa sekuritas juga mensyaratkan pembuatan akun pembelian reksadana dengan deposit sebesar 100 ribu.

Sementara di saham untuk buka akun sekuritas macam-macam depositnya, bisa mulai dengan 100 ribu juga dan membeli saham pertama kalian.

Bagaimana sudah paham perbedaan saham dan reksadana ? Kalian bisa menonton video ini untuk lebih jelasnya,

Yuk, mulai berinvestasi dari sekarang..

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *