Price Earning Ratio (PER) Saham yang Bagus

per saham yang bagus

Kali ini kita akan membahas analisa rasio fundamental saham yaitu : Price Earning Ratio (PER) saham yang bagus jika nilai rasionya rendah, dan jika nilai rasionya tinggi maka harga saham tersebut tergolong mahal.

Begitulah kira-kira, mari kita bahas lebih detail…

Definisi PER itu sendiri adalah sebuah rasio keuangan dalam perusahaan biasanya digunakan oleh para investor saham untuk menganalisa harga suatu saham tergolong murah atau mahal berdasarkan harga dan laba perusahaanya.

Sebenarnya ada lagi temanya PER yaitu PBV, gunanya untuk melihat apakah saham perusahaan ini harganya sedang murah atau mahal, lebih lengkapnya bisa baca disini Rasio PBV Saham yang Bagus.

Rumus Price Earning Ratio (PER)

Sebenarnya PER itu terdiri dari 2 komponen yaitu Earning Per Share (EPS) dan Harga Saham, per saham yang bagus dapat dirumuskan sebagai berikut..

rumus per saham, rumus eps saham

PER = Earning Per Share (EPS) / Harga Saham

Sedangkan Earning Per Share (EPS) terdiri dari 2 komponen juga yaitu Laba Bersih atau istilahnya Net Profit Margin (NPM) dan Jumlah Saham yang beredar, dapat dirumuskan sebagai berikut..

EPS = Laba Bersih (NPM) / Jumlah Saham Beredar

Kami tahu tidak semua dari kalian mengerti tentang istilah-istilah diatas, serta tujuan dibuatnya rasio-rasio ini untuk apa, disini akan kami bahas lebih jelas lagi.

Pembahasan Detail Rasio PER Saham

Jika kita lihat rumus rasio PER itu terdiri dari EPS dibagi dengan Harga, maka kita akan mengulik tentang Rasio EPS terlebih dahulu, sebenarnya menggambarkan apa rasio Earning per Share (EPS) dalam saham ?

Jika kita lihat lagi rumus dari EPS yaitu Laba dibagi dengan Jumlah Saham Beredar, berarti didalam sebuah lembaran saham terdapat keuntungan-keuntungan hasil dari bisnis penjualan di dalam perusahaan.

Kita tahu kamus seorang investor ketika berinvestasi saham adalah mencari perusahaan yang bisa mencetak keuntungan/laba yang besar, ini sebenarnya sudah pernah kami bahas dalam artikel yang berjudul Cara Analisa Fundamental Saham dan artikel ini Tips memilih saham yang bagus.

Sebenarnya rasio Earning Per Share (EPS) adalah rasio yang menggambarkan kondisi perusahaan dalam mencetak laba, apakah perusahaan dapat mencetak laba banyak atau sedikit atau bahkan malah minus yang berarti rugi ?? itu bisa digambarkan dari EPS

You Might Also Like

One Reply to “Price Earning Ratio (PER) Saham yang Bagus”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *