REKENING RDN, APA SIH BEDANYA DENGAN REKENING REGULAR? – Bertansaksi di saham tentunya akan sangat mudah dan menyenangkan apabila menggunakan rekening RDN yang memiliki fleksibilitas tinggi yang sesuai dengan kebutuhan investor.

Khusus Transaksi Saham

Untuk bertransaksi di dunia pasar modal khususnya saham, investor membutuhkan rekening khusus untuk penampungan uang yang nantinya dana tersebut bisa dicairkan ke rekening pribadi. Rekening penampungan tersebut biasa dikenal dengan nama rekening RDN (Rekening Dana Nasabah).

Sebagai Penampungan Uang

RDN merupakan rekening untuk penyelesaian transaksi nasabah di pasar modal. Rekening dana nasabah dan rekening pribadi harus dengan atas nama yang sama ya, jika tidak maka dana tidak dapat dicairkan. Rekening dana nasabah dibuat khusus untuk transaksi saham, tidak ada fasilitas didalamnya, contohnya seperti fasilitas kartu atm, mobile banking, internet banking. Rekening dana nasabah dibuat oleh Perantara Pedagang Efek atas kuasa dari nasabah pembuat rekening kepada Bank yang ditunjuk untuk mengadministrasikan RDN tersebut di Bursa Efek Infonesia (BEI).

Beroperasi Pada Waktu Jam Bursa Saham

Ketika membuka rekening, nasabah akan mendapatkan Rekening RDN, contoh: jika bank yang ditunjuk adalah Bank BCA maka rekening berisi 10 digit (jumlah tersebut sama persis dengan rekening versi regularnya). Untuk melakukan transaksi jual beli saham maka dalam rekening RDN harus diisi saldo, proses pengisian saldo adalah dengan sistem transfer dari rekening regularnya, biasanya dana tidak langsung ter top up, butuh waktu 10 menit sampai 1 jam untuk dana sampai ke rekening RDN walaupun di rekening regular dana telah terpotong.

Apabila tidak kunjung terisi dana di RDN, hubungi customer service dari akun sekuritas kalian ya (bisa jadi lebih cepat)  Jumlah dana yang ditransfer dapat disesuaikan dengan harga saham yang akan dibeli. Lakukan proses pengisian saldo ketika jam transaksi akan dimulai (kira-kira pukul 8.30 ke atas) sampai dengan waktu tutup bursa (tidak disarankan melebihi 15.40) karena jika kurang dari atau lebih dari jam tersebut bisa-bisa dana delay masuk. Begitupun ketika proses pencairan dana, lakukanlah ketika jam bursa untuk menghindari keterlambatan pengiriman.

Gratis !! Tidak ada biaya administrasi

Biaya untuk membuat rekening ini adalah GRATIS, nasabah hanya harus mengisi formulir dan melengkapinya dengan tanda tangan di atas materai (kecuali bila ditetapkan saldo awal oleh sekuritas ya, maka setelah rekening jadi nasabah wajib mentransferkan sejumlah dana untuk bertransaksi). Tidak hanya itu, menyimpan uang dalam rekening RDN ternyata cukup menguntungkan, pasalnya rekening ini tidak dikenakan biaya administrasi dan mendapatkan bunga dari bank (besaran dan syaratnya sesuai ketentuan yang berlaku di bank).

Meskipun nasabah tidak dilengkapi dengan fasilitas mobile banking, internet banking, maupun kartu ATM, namun pihak bank tetap menginformasikan aktivitas transaksi RDN tersebut. Informasi ini berisi debet-kredit (keluar-masuk) uang sehingga akan Nampak jelas penggunaan uangnya. Informasi mengenai aktivitas transaksi ini akan dikirimkan kepada nasabah atau investor melalui rekening Koran bulanan. Jika kalian yang menggunakan rekening BCA, maka rekening Koran jenis rekening TAPRES akan dikirim pertengahan bulan (biasanya setiap tanggal 15) sedangkan rekening Koran jenis rekening GIRO akan dikirim di setiap awal bulan. Rekening RDN tidak dapat tertutup otomatis, harus dengan permintaan dari perusahaan efek, Untuk infomasi lebih lanjut bisa hubungi customer service nya ya.

Nah itu dia pembahasan mengenai rekening RDN semoga bisa membantu menambah wawasan kalian, terlebih bagi pemain saham. JIka ada yang ingin ditanyakan, silahkan post pertanyaan kamu di bawah ini, Master Saham Indonesia bakal jawab immediately.  Bye!

Master Saham Indonesia
MSI memberikan edukasi kepada anda tentang cara berinvestasi di pasar modal, serta tips berinvestasi hingga menjadi Master
https://mastersaham.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *