6 Jenis Investasi di Indonesia – Investor Harus Tahu !!

jenis jenis investasi di indonesia

MSI cenderung membahas tentang investasi saham, namun sebelum menjadi seorang investor, anda harus mengetahui jenis-jenis investasi yang ada di Indonesia agar wawasan anda lebih banyak.

Seseorang berinvestasi pasti mempunyai dana yang lebih yang tidak digunakan dan ingin disimpan untuk kebutuhan mendatang. Jika maksudnya hanya sekedar menyimpan saja tidak harus berinvestasi, bisa saja disimpan di dalam lemari, bantal, atau kendi.

Tapi apa yang membuat seseorang itu berinvestasi ? Nah ini yang menarik, dengan berinvestasi kita seolah-olah bisa mengembangkan uang/asset kita. Jadi yang semula hanya 100 Juta, setelah beberapa tahun bisa menjadi 1 Milyar.

Investasi tidak hanya dilakukan oleh orang-orang yang kaya kok, banyak sarana untuk anda berinvestasi dari semua kalangan, bahkan anak SMA dengan menyisihkan uang sakunya juga sudah bisa berinvestasi. Jadi jangan terjebak dengan kata-kata diatas bahwa investasi harus “Punya Dana lebih“.

Bahkan sebenarnya misi dari MSI sendiri adalah memboomingkan kegiatan berinvestasi, sangat sedikit sekali orang-orang yang memahami pentingnya berinvestasi.

Punya uang sedikit, beli HP. Punya uang banyak langsung habiskan beli mobil mewah, motor harley, apa lagi ?

Sebelum anda memulai investasi saham, sebaiknya anda mengenal dahulu apa sih jenis-jenis investasi di Indonesia ?

Bentuk dan Jenis Investasi

Menurut buku / literature, investasi dibagi 2 seperti dibawah ini, walaupun MSI kurang sependapat dengan ini.

  1. Investasi menurut waktunya
  2. Investasi jangka pendek

Investasi jangka pendek adalah investasi yang bisa di cairkan  dari kelebihan yang sifatnya sementara. Biasanya untuk investasi jangka pendek itu bisa di perjual belikan.

Istilah investasi jangka pendak dan jangka panjang sebenarnya tidaklah ada, hanya perlakuannya saja yang membuat ini seolah-olah dibedakan. Semua Investasi adalah jangka panjang, namun ada beberapa orang yang memperlakukan investasi dengan jangka yang singkat seperti halnya trader.

Investasi jangka panjang adalah  ketika anda mengalokasikan dana anda ke suatu tempat bisa di perusahaan, bank, properti, emas, reksadana dan lain-lain dalam jangka waktu yang cukup lama bisa hitungan tahunan dengan tujuan agar nilai dari investasi anda bertambah seiring berjalanya waktu.

Jenis-Jenis Investasi

Tabungan

Tabungan adalah layanan dengan cara menyimpan uang yang memberikan bunga. Di mana tabungan ini  bisa di ambil kapanpun.

Deposito

Deposito adalah salah satu jenis tabungan yang memiliki bunga yang jauh lebih tinggi bila di bandingkan dengan tabungan. Tidak seperti tabungan yang bisa di cairkan kapan saja. Jika deposito itu di cairkan sebelum jatuh tempo maka bisa di kenai pinalti.

Reksa dana pasar uang

Reksa dana pasar uang biasanya berinvestasi pada deposito, SBI, dan juga obligasi jangka pendek. Sebagian besaar tingkat pengembalian reksa dana ini memiliki nilai yang jauh lebih tinggi dari jasa giro tapi lebih rendah dari deposito.

Emas

Emas adalah salah satu jenis logam mulia yang di minati oleh banyak orang. Banyak orang yang memutuskan untuk melakukan investasi jangka panjang dengan menggunakan emas. Hal ini memang sengaja di pilih karena menguntungkan dan juga memiliki nilai yang tinggi. Ini di karenakan emas di anggap sebagai pengganti uang tanpa ada Batasan asset yang penting. Selain itu emas bisa di uangkan kapanpun saja.

Saham

Saham adalah sebuah kepemilikan suatu perusahaan yang di perjual belikan kepada publik/masyarakat. ketika kita membeli / berinvestasi saham, berarti kita telah memiliki bisnis dari perusahaan tersebut, ketika perusahaan ini tumbuh berkembang, maka harga sahamnya pun akan lebih mahal dan kita mendapat banyak keuntungan.

Obligasi

Obligasi adalah suatu bentuk surat bukti di mana memberikan  pinjaman pada pihak yang menerbitkannya. Selain itu pihak itu harus bisa melunasi surat itu pada saat jatuh tempo.

Keuntungan dan Manfaat dari Investasi

Setiap orang yang memutuskan untuk melakukan investasi pasti sudah tahu tentang keuntungan berinvestasi. Adapun di sini keuntungan dan juga manfaat dari beinvestasi yaitu adalah:

Meningkatkan Asset dan juga kekayaan

Seorang yang melakukan investasi itu pasti memiliki keinginan untuk memiliki keinginan meningkatkan nilai asset. Asset yang di maksudkan di sini adalah tidak berupa Gedung atau juga bangunan. Namun asset ini bisa berupa harta atau juga uang yang di investasikan.

Bebas dari masalah keuangan

Setiap orang pasti ingin terbebas dari aneka macam jenis masalah keuangan. Maka dari itu orang itu bisa melakukan investasi dengan menggunakan asset yang di miliki.  Dengan melakukan investasi orang bisa  mendapatkan uang yang semakin banyak. Maka tentu tidak  perlu lagi merasa khawatir mengenai masalah keuangan yang akan di alami.

Bisa terhindar dari masalah inflasi

Dalam dunia ekonomi tentu sudah tidak asing lagi dengan masalah inflasi. Di mana inflasi itu sendiri selalu berusaha untuk di hindari dalam semua negara dan dalam dunia ekonomi. Maka dari itu cara terbaik untuk berjaga jaga terjadinya inflasi di suatu negara maka seorang perlu untuk melakukan investasi.

Menciptakan masa depan yang lebih baik

Setiap orang tentu mempunyai keinginan dan juga cita cita untuk bisa mempunyai masa depan yang baik. Salah satunya adalah ingin melewati masa tua dengan tenang.

Maka dari itu salah satu cara yang bisa di lakukan dengan berinvestasi.  Karena dengan berinvestasi orang tentu tidak akan khawatir akan keadaan keuangan di masa yang akan datang.

You Might Also Like

2 Replies to “6 Jenis Investasi di Indonesia – Investor Harus Tahu !!”

  1. Great beat ! I wish to apprentice while you amend your web site,
    how could i subscribe for a blog web site?
    The account aided me a acceptable deal. I had been a
    little bit acquainted of this your broadcast
    offered bright clear concept

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *