Inilah Alasan Kenapa Investasi Saham itu Penting

Investasi Saham itu Penting

Bab Pertama, Artikel ini bertujuan merubah mindset anda tentang betapa pentingnya investasi saham, by the way ini bukan cuci otak ya, tetapi lebih menguak dan menepis persepsi negatif orang tentang saham. Selamat Belajar,..

Mayoritas Tidak Memahami Investasi Saham

Saya yakin di Indonesia banyak yang tidak mengerti dunia Pasar Saham, istilah “Saham” bagi orang yang baru mendengar pasti berfikir “Ini apa sih ? gak jelas banget”. Ya memang seperti itu, coba anda bertanya kepada beberapa teman anda tentang pasar saham, pasti mereka geleng-geleng kepala.

Jadi saya kebetulan pernah bertemu seseorang dan ternyata dia seorang manajer di sebuah perusahaan, saya bertanya tentang pasar saham, namun respon dia juga negatif dan menganggap investasi saham itu penipuan, bodong dan lain-lain.

Jika Investasi Saham adalah penipuan, maka tidak akan terlahir seorang Investor Lo Kheng Hong dan Warren Buffet, mereka kaya raya dengan cara berinvestasi saham.

Trus apa dong yang penipuan itu ? MSI akan mengklarifikasi hal ini, bahwa 100% itu adalah oknum penipuan yang mengatasnamakan Investasi Saham.

Di Indonesia tempat untuk berinvestasi saham ya hanya di Bursa Efek Indonesia melalui perusahaan sekuritas sebagai perantaranya, anda bisa membaca lebih lanjut di link artikel ini, Memulai Investasi Saham.

Bahkan presiden kita membuat programnya “Yuk nabung saham”, untuk apa ? ya agar semua masyarakat indonesia memahami pentingnya berinvestasi saham, karena dengan berinvestasi saham maka prosentase perekonomian Negara bisa meningkat.

Kok perekonomian negara bisa meningkat ?

Meningkatkan Perekonomian Negara dengan Menabung Saham

Begini, jika kita berinvestasi saham, maka secara tidak langsung kita turut serta membantu pembiayaan perusahaan-perusahaan yang ada di negara kita agar perusahaan-perusahaan itu berkembang dengan baik, akhirnya negara juga menikmati keuntungannya.

Hanya negara yang untung ? Bagaimana dengan kita-kita calon Investor ?

Kita juga tetap bisa menerima keuntungan dari setiap deviden perusahaan-perusahaan dimana kita berinvestasi, Nanti kita bahas dibawah soal keuntungan investasi saham.

MSI berharap setidaknya artikel ini dapat menyadarkan anda betapa pentingnya Berinvestasi Saham, apalagi bagi anda yang masih muda-muda, MSI sarankan mulai sekarang belajarkan berinvestasi saham.

Prosentase Jumlah Investor di Indonesia

Persentase Jumlah Investor di Indonesia

Coba anda lihat gambar diatas, per 2018 Jumlah Investor memang meningkat dari tahun-tahun sebelumnya, tetapi tetap menunjukan angka yang relatif kecil, kurang dari 1% dari seluruh masyarakat indonesia yang berjumlah 250 Juta Jiwa.

Menyimpan Uang Selalu di Bank

Kebanyakan dari mereka beranggapan tempat menyimpan uang ya hanya di Bank, atau mungkin…. masih ada yang dibawah bantal ?

Memang benar tempat “Menyimpan” uang hanya di Bank, tetapi uang mereka tidak berkembang, seandainya mereka menyimpan sebesar 1 Milyar, 10 tahun kedepan uang mereka masih tetap 1 Milyar, ya mungkin bisa lebih jika ditambah Bunga dari Bank bisa saja menjadi 1.1 sampai 1.3 Milyar tidak dapat melebihi dari 1 Milyar dalam 10 tahun.

Perlu anda tahu, uang 1 Milyar di tahun ini mungkin bisa untuk membeli tanah 50 hektar, tapi belum tentu 10 tahun mendatang uang 1 Milyar dapat membeli tanah 50 hektar juga, kenapa ? karena semakin kesana nilai uang semakin menyusut, setiap tahun pasti terjadi inflasi.

Sekarang apakah anda masih mau menyimpan harta dalam bentuk uang ?

Pasti anda juga sering mendengar entah itu orang tua atau tetangga yang membeli sebagian uang mereka dengan emas, property atau tanah.

Itu adalah pilihan yang baik untuk berinvestasi, karena harga baik emas, rumah atau tanah cenderung stabil naik.

Ya sudah berarti investasi di ketiga item itu saja, Kenapa harus saham ?

Pertanyaan yang bagus, tapi sebelum anda memilih jenis investasi apa, sebaiknya anda harus mengetahui keuntungan masing-masing jenis investasi tersebut.

Keuntungan Investasi Emas, Property, Tanah

Kira-kira apa keuntungan investasi item-item ini ? Kita ilustrasikan saja ya, misal anda membeli emas 5 Gram total harganya 5 Juta, setelah 10 tahun mungkin harga emas 5 Gram sudah 9 Juta.

Artinya uang anda berkembang dari 5 Juta menjadi 9 Juta dalam kurun waktu 10 tahun, ketika anda jual maka keuntungan 4 juta menjadi milik anda.

Dalam kasus ini anda mendapatkan keuntungan 1 kali yaitu saat menjual emas anda.

Keuntungan ini juga sama dengan ketika kita berinvestasi property dan Tanah, namun untuk property dan Tanah pastinya anda harus mempunyai modal yang cukup banyak, tidak hanya jutaan namun puluhan juta.

Jadi keuntungan yang didapatkan hanya satu kali saja untuk jenis investasi Emas, Rumah & Tanah. Selain itu harga dari ketiga item ini relatif naik tidak mungkin turun, Untuk Rumah dan Tanah juga membutuhkan modal yang banyak.

Keuntungan Investasi Saham

Akan kita bandingkan dengan Investasi Saham, kita akan bahas dari keuntungan investasi saham terlebih dahulu agar anda semangat membaca.

Di dalam saham mempunyai 2 sumber keuntungan, yaitu dari Capital gain dan Deviden. Jadi Capital gain itu adalah Hasil penjualan saham dan Deviden itu adalah hasil bagi untung dari pemilik perusahaan.

Masih belum paham ?

Investasi saham itu, kita membeli kepemilikan perusahaan dalam bentuk lembaran saham. Kita membelinya di Bursa Efek Indonesia melalui perusahaan sekuritas. Selain itu juga anda bisa menjualnya kembali.

Saat anda menjual kembali sahamnya, itulah yang disebut Capital gain, sedangkan Deviden itu jika anda menyimpan saham dan saat perusahaan itu membagi hasil keuntungannya maka anda mendapat keuntungan lagi.

Jadi, kita menjual saham bisa dapat untung, atau memiliki atau menyimpan sahamnya saja juga mendapat untung.

Anda ingin contoh nyata nya ? simak ilustrasi berikut.

Simulasi Jika Investasi Saham

Jadi seperti ini, misal pada hari ini, tahun 2020 anda mempunyai uang 3 Juta rupiah dan anda ingin berinvestasi di saham perusahaan BCA. Kebetulan harga 1 lembar perusahaan BCA adalah 30.000, jadi 1 Lot harganya 3 Juta.

Lalu anda membeli saham nya, dan satu tahun sudah berlalu, tahun ini 2021, harga saham BCA naik sekitar 20% (ini adalah kasus nyata) dari harga sebelumnya.

Tadi harga sahamnya 30.000 perlembar sudah naik 20%, menjadi 36.000 perlembar.

Semula anda membeli dengan harga 3 Juta sekarang sahamnya naik 20% menjadi 3.6 Juta. Anda satu tahun untung sebesar 600 ribu (20%).

Itu kasus jika anda mempunyai uang 3 Juta dan disimpan untuk investasi saham BCA selama 1 tahun untung 600 ribu, bayangkan saja jika anda investasi sebanyak 300 Juta dalam satu tahun berapa profit yang anda dapatkan ? Sebanyak 60 Juta dalam satu tahun.

60 Juta / 12 bulan, artinya anda satu bulan mendapat uang 5 Juta rupiah tanpa bekerja, hanya tidur, makan jalan-jalan, Uanglah yang bekerja untuk anda.

Apakah anda ingin tahu pertumbuhan Perusahaan BCA yang sebenarnya ?

Profit Saham BCA 5 Tahun Terakhir

pertumbuhan saham bca

Dari tahun 2018 awal harga saham perusahaan BCA adalah 20.000 perlembar, sedangkan di tahun 2019 akhir harga perlembar saham ini adalah 32.000 perlembar. Berapa persen pertumbuhanya ?

Nah bagaimana jika anda mempunyai uang 3 Milyar ? apakah masih mau untuk disimpan di Bank ? atau malah di bawah bantal ?

Itulah untung dalam bentuk Capital gain ya, belum yang Deviden. Setiap tahun pasti perusahaan-perusahaan yang performanya bagus akan bagi-bagi deviden atau keuntungan kepada pemilik sahamnya.

Harga Saham Relatif Murah

Tidak seperti investasi seperti tanah atau rumah / property yang harganya puluhan juta, Saham dapat anda dapatkan dengan harga 50 rupiah perlembar.

Wah murah sekali, tapi tunggu dulu, ada minimal lembar yang harus dibeli.

Membeli saham minimal adalah 100 lembar, biasa di bilang 1 Lot yang terdiri dari 100 lembar.

Jadi misal harga saham 100 rupiah perlembar, jika kita membeli saham 1 Lot, maka uang yang perlu kita siapkan adalah 100 x 100 lembar, yaitu Rp 100.000,- Relatif murah bukan ?

Tapi juga ada saham yang harganya 1 lembar nya 30 ribu, berarti 100 Lembar atau 1 Lot harganya 3 juta, tergantung perusahaanya.

Apakah saham bisa rugi ?

Banyak kelebihan bukan berarti tidak mempunyai kekurangan, Kerugian akan anda alami saat harga saham yang anda beli turun. Ada juga kerugian yang lain ketika anda tidak mendapatkan deviden dikarenakan performa perusahaan yang anda beli sahamnya menurun.

Jadi seperti ini, ketika anda ingin membeli saham Perusahaan BCA, harga saham nya sekarang 30.000 perlembar, anda membeli 1 Lot, berarti anda membeli dengan harga 30.000 x 100 lembar = 3 Juta rupiah.

Ini posisi anda berarti sudah membeli saham BCA sebanyak 3 Juta, atau 1 Lot.

Setelah 1 tahun kedepan, karena anda butuh uang, anda ingin menjual saham BCA ini, padahal harga saham BCA saat itu sedang turun perlembarnya 29.500 rupiah.

Jika anda memang benar-benar menjual artinya anda bisa mengalami kerugian sebesar 500 rupiah perlembar. 500 rupiah x 100 lembar, berarti anda mengalami kerugian sebesar 500.000.

Ingat !! itu terjadi jika anda menjual sahamnya di harga saham yang saat ini sedang turun, Jika anda sabar menunggu naik dan menjualnya, maka anda tetap akan untung

Kami tahu anda tidak ingin rugi, cara terbaik agar investasi saham tidak rugi adalah pilihlah perusahaan-perusahaan yang pertumbuhanya baik, anda bisa lihat daftar perusahaan LQ45 di sini Daftar Saham LQ45.

Perusahaan diatas merupakan perusahaan yang pertumbuhanya baik, dan Grafik harga sahamnya cenderung naik dan harga sahamnya berkisar 500 rupiah sampai 10 ribu perlembar.

Setidaknya mulai sekarang anda perhitungkan, apakah anda rela uang anda hanya di simpan di Bank saja ? mengingat banyak sekali keuntungan dari Investasi Saham yang sudah MSI jelaskan diatas.

Apalagi anda yang masih muda, masih baru bekerja, anda harus memahami ini jika anda ingin menjadi kaya raya seperti Master Saham Lo Kheng Hong dan Warren Buffet, uang yang bejerka untuk anda, bukan anda yang bekerja untuk uang. Sekian terimakasih.

Pros
  • Semua Orang Kaya Pasti Punya Saham
  • Bisa Untung Ribuan Persen
  • Investasi Relatif Murah Untung Besar
Cons
  • Belum Banyak Orang Tahu
  • Mindset Orang Lama
Review Overview
Tingkat Antusias Investasi Saham
SUMMARY

Open Your Mind !! mindset orang tempat menabung itu di bank, padahal menabung saham adalah cara terbaik untuk menjadi orang kaya dan mendapat 1000%

4.5

You Might Also Like

One Reply to “Inilah Alasan Kenapa Investasi Saham itu Penting”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *