Fibonacci Retracement Adalah ? Tahu Kapan Jual & Kapan Beli Saham

fibonacci retracement

Yang sudah terjun di dunia trading saham pasti tidak asing dengan istilah Fibonacci Retracement, Sebenarnya apa sih ini??

Fibbonaci retracement adalah serangkaian angka Fibonacci yang berguna untuk menunjukkan level support dan resistance suatu harga.

Fibonacci retracement dibagi ke dalam beberapa level yaitu level 23,6%, 38,2%, 61,8%, 78,6%. Sementara beberapa trader juga menambahkan nilai 50% (sebenarnya bukan angka fibonacci), namun dapat membantu panduan harga diantara 38,2% dan 61,8%.

Angka-angka ini dihitung dari persentase selisih harga tertinggi dan terendah dalam periode waktu tertentu.

Nah biar kamu ada gambaran tentang penjelasan ini, yok kita langsung masuk ke Tools trading kalian masing-masing, , untuk tampilan yang lebih jelas.

Aku menggunakan Trading View dari Stockbit, sebagai contoh aku ambil saham EMTK, MDKA

Studi Kasus Fibonacci Retracement

Disini kita bisa mengambil periode pengambilan dalam keadaan Bullish maupun dalam keadaan Bearish. Periode pengambilan waktu dapat disesuaikan dengan gaya trading kamu, jika kamu scalper kamu dapat menggunakan chart dalam menit, jika kamu swing kamu dapat menggunakan chart dalam beberapa hari/minggu, sementara jika kamu investor maka kamu dapat menggunakan chart dalam bulanan/tahunan.

Cara membuat fibonacci adalah dengan menarik garis. Fibonacci yang ditarik dari titik tertinggi ke titik terendah digunakan untuk mengetahui resisten-resisten selanjutnya. Sebaliknya, Fibonacci yang ditarik dari titik terendah ke titik tertinggi digunakan untuk mengetahui support-support selanjutnya.

Garis fibonacci akan menghasilkan angka 0%, 23,6%, 38,2%, 50%, 61,8%, 78,6%, 100%, dan angka-angka lain diatasnya.

Titik 0% merupakan titik awal harga, titik 23,6% merupakan penjumlahan titik awal dengan 23,6% dari titik awal harga, titik 38,2% merupakan penjumlahan titik 23,6% dengan 38,2% dari titik 23,6%, titik 50% merupakan penjumlahan titik 38,2% dengan 50% dari titik 38,2%, begitu seterusnya.

Perhatikan harga pada titik-titik ini, jika terjadi perlawanan pada resist, segera jual, jika terjadi perlawanan support yang artinya harga saham akan naik, kamu bisa membelinya. Kamu bisa memadukan fibonacci retracement dengan volume. Volume menjadi salah satu penentu saham akan melewati titik fibonacci untuk melanjutkan trend nya atau berbalik arah menjauhi titik fibonaccinya.

Pada contoh dibawah ini, ditarik garis fibonacci dari titik tertinggi ke titik terendah. Titik tertinggi di ambil 9 Juli 2021 dan titik terendah diambil 13 Oktober 2021.

Chart EMTK Fibonacci dari Titik Tertinggi ke Titik Terendah

Chart EMTK diatas menunjukkan bahwa jika terjadi kenaikan harga akan diuji di area resist 2340 (titik 38,2%), jika berhasil menembus resist 2340 maka target resist berikutnya adalah pada 2210 (titik 50%), dan seterusnya. Namun jika tidak berhasil menembus resist 2340 maka EMTK akan menguji support area 1820 (titik 23,6%). Dari chart juga terlihat bahwa setiap kali menyentuh titik fibonacci selalui terjadi perlawanan terlebih dahulu sebelum melanjutkan trend nya. Perlawanan resist di pertengahan Bulan September dan pertengahan Bulan November.

Chart MDKA Fibonacci dari Titik Terendah ke Titik Tertinggi

Chart MDKA diatas menunjukkan jika terjadi penurunan maka harga akan diuji di area support 3730 (titik 23,6%), jika jebol menembus support 3730 maka support berikutnya adalah pada 3480 (titik 38,2%), jika jebol 3480 maka support selanjutnya 3280 (titik 50%), dan seterusnya. Namun jika tidak jebol support 3730 maka MDKA akan menguji area resist di 4140 (titik tertingginya). Dari chart juga terlihat bahwa setiap kali menyentuh titik fibonacci selalui terjadi perlawanan terlebih dahulu sebelum melanjutkan trend nya. Perlawanan support terlihat di awal Bulan Oktober, pertengahan Bulan November, dan awal Bulan September.

Dengan tau titik-titik fibonacci, kamu akan lebih mudah mengidentifikasi support dan resisten saham. Cara ini dapat kamu gunakan di kondisi bullish maupun bearish. Dengan begitu kamu akan tahu kapan saat yang tepat untuk membeli saham atau menjual saham. Simpel but Powerful !

Kamu bisa melihat video yang sudah dibuat, untuk lebih jelasnya :

Selamat mencoba teknik Fibonacci Retracement 🙂

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *