Langkah Awal Menjadi Investor Saham Sukses

rahasia investor sukses

Bab Kedua, Menjelaskan tentang langkah-langkah yang harus anda jalani untuk menjadi seorang Investor. Selamat Belajar,..

Menjadi seorang yang sukses, tentunya tidak dihasilkan dari proses yang mudah, perlu proses pembelajaran yang panjang, try and error, jatuh bangun sampai menemukan sebuah titik kesuksesan.

Begitu juga untuk menjadi seorang investor yang sukses, anda perlu belajar beberapa point – point penting tentang dunia pasar modal saham.

Jika anda beranggapan hasil sukses dengan instan, saya jamin 100% anda akan gagal.

Jadi anda jangan membayangkan hal-hal enaknya dulu, tanamkan pada diri anda bahwa saya akan belajar dan saya harus mencoba.

1) Membuat Akun Sekuritas

Baik, Langkah awal untuk menjadi seorang investor anda harus mempunyai akun investor terlebih dahulu, namanya KSEI.

Untuk membeli saham anda tidak bisa secara langsung melalui Bursa Efek Indonesia, melainkan anda harus membeli ke pedagang perantara efek istilahnya broker

Siapa sih broker itu ?

Broker adalah perusahaan sekuritas yang sudah terdaftar resmi di Bursa Efek Indonesia untuk melayani para investor bertransaksi saham. Jadi skemanya seperti dibawah ini.

Skema Investasi

Kok jadi membahas sekuritas, Lalu untuk daftar KSEI biar jadi investor nya bagaimana ?

Sabar, jadi hanya satu langkah saja untuk menjadi investor, anda tinggal mendaftar akun sekuritas di perusahaan sekuritas, maka secara otomatis anda juga di daftarkan akun KSEI oleh sekuritasnya, setelah itu tinggal tunggu saja akun KSEI nya jadi, proses bisa berlangsung rata-rata satu sampai dua minggu.

Walaupun ada beberapa sekuritas yang bisa memproses dalam waktu beberapa jam langsung jadi. Nanti kita bahas.

Paham ya ? jadi langkah awal untuk menjadi investor, anda bisa mendaftar akun sekuritas di perusahaan sekuritas manapun, yang penting terdaftar di bursa efek indonesia.

Anda bisa lihat link ini Daftar Perusahaan Sekuritas yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Banyak sekali orang menganggap investasi saham itu penipuan, namun jika anda sudah membaca artikel ini pasti anggapan-anggapan itu anda tertawakan.

Mungkin anda pernah ditawarkan produk investasi saham, anda bisa mengecek melalui link diatas apakah perusahaan yang menawarkan sudah terdaftar di Bursa Efek Indonesia atau belum.

Jadi mulai sekarang anda sudah tau ya bahwa Investasi Saham itu Penting sekali untuk masa depan yang lebih baik.

Berdasarkan Link diatas ada lebih dari 105 Perusahaan Sekuritas, trus harus pilih yang mana ?

Tentunya anda harus memilih perusahaan sekuritas yang mempunyai platform transaksi saham online. Kenapa ? ya memang harus, apakah anda mau repot-repot menggunakan Telepon atau SMS untuk transaksi saham ?

Jadi untuk jual beli saham prosesnya bisa dilakukan oleh anda sendiri, melalui aplikasi yang sudah disediakan oleh perusahaan sekuritasnya. Untungnya di Era sekarang sudah mendukung transaksi saham secara online, dahulu ketika sang Legenda Investor Lo Kheng Hong saat mau investasi harus melihat koran untuk memilih saham dan menggunakan telepon untuk transaksinya.

Lebih detailnya untuk cara memilih perusahaan sekuritas yang baik, anda bisa membaca artikel MSI yang ini 5 Hal Penting Dalam Memilih Perusahaan Sekuritas

Apakah anda sudah tidak sabar dan ingin segera berinvestasi ?

MSI sarankan langsung saja mendatangi kantor perusahaan sekuritas dan membuka akun disana, berikut ini adalah Daftar alamat Semua Perusahaan Sekuritas di Indonesia

2) Pelajari Lingkungan di Bursa Saham

Lingkungan bukan berarti anda ke kantor Bursa Efek Indonesia dan mempelajari lingkungan gedung nya, lingkungan disini adalah sebuah pengetahuan dasar tentang pasar saham seperti Emiten, Harga, Buy, Sell, Order Book dan lain-lain.

Secara detail anda harus membaca artikel MSI yang ini dahulu Pengetahuan Dasar dalam Bursa Saham. Namun secara ringkas dasar-dasar yang harus anda pahami adalah sebagai berikut.

A. Perusahaan / Emiten

Emiten itu adalah perusahaan itu sendiri yang akan kita beli sahamnya, tentunya perusahaan-perusahaan ini telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia, anda juga bisa melihat semua daftar perusahaan yang sudah terdaftar Bursa Efek Indonesia di link berikut Daftar Emiten Resmi Bursa Efek Indonesia

Jadi bukan hanya perusahaan sekuritasnya saja yg terdaftar di BEI, namun Emitennya juga harus terdaftar di BEI juga.

B. Tentukan Tujuan anda Berinvestasi

Perilaku orang memang berbeda-beda, ada yang investasi dalam jangka waktu yang singkat, misalnya satu bulanan, mingguan, bahkan ada yang harian, jadi pagi beli saham sorenya jual saham. Ada juga orang yang benar-benar berinvestasi jangka waktu tahunan yang lama.

Jika anda ingin berinvestasi dengan jangka waktu yang lama, anda harus membaca point C dibawah ini, karena untuk jenis investasi ini, memilih performa perusahaan yang baik adalah wajib, karena sudah pasti harga sahamnya akan selalu naik.

Namun jika anda berinvestasi dalam jangka waktu yang singkat, Trading istilahnya, maka memilih perusahaan yang berkinerja baik adalah hal yang tidak wajib, namun resiko jika harga sahamnya turun ditanggung sendiri.

Pada awal MSI berinvestasi saham, juga menggunakan cara trading ini, namun tetap memilih perusahaan yang berkinerja baik, cari jalan aman saja.

C. Memilih Emiten yang Berkinerja Baik

Setelah anda menentukan emiten, langkah selanjutnya anda menganalisis track record perusahaan tersebut. Ada beberapa point penting dalam menganalisis track record atau performa perusahaan, diantaranya adalah melihat keuntungan perusahaan setiap tahun apakah meningkat atau tidak, artikel ini dapat menjadi referensi anda dalam menilai sebuah perusahaan yang baik Cara Menilai Perusahaan yang Baik Untuk Investasi

D. Membeli Saham yang Harganya Sesuai Kemampuan Anda

Harga saham emiten sangat bervarisasi, ada yang murah ada yang mahal, paling murah adalah 50 rupiah perlembar, anda bisa melihat daftar harga saham BEI di link berikut Daftar Harga Saham Emiten BEI.

3) Menjaga Psikologi

Terdengar sangat aneh, kenapa harus menjaga psikologi segala, tetapi ini adalah faktor yang paling peting jika sudah menjadi seorang investor. Karena anda akan melihat pergerakan harga di sebuah saham yang anda beli, jika harga naik maka hati anda kan senang, dan sebaliknya jika harga turun maka anda rasanya dongkol.

Ini yang MSI rasakan saat awal-awal berinvestasi, andapun pasti begitu, melihat setiap saat pergerakan harga yang membuat dag-dig-dug berdebar-debar.

Saat harga turun, maka anda akan merasa strees, dan saat harga naik dan anda untung 5% saja, rasanya sudah tidak sabar untuk segera menjual. Terhitung lumayan sih angka 5%, misal anda berinvestasi 10 Juta, untung 5% maka uang anda menjadi 10 Juta 500 ribu, hanya dalam waktu beberapa jam sudah untung 500 ribu dan ingin segera menjual.

Bagaimana bisa menjadi kaya raya seperti Lo Kheng Hong ? mereka kaya raya karena bisa menjaga psikologi mereka, ketika saham turun mereka tetap tenang, karena perusahaan pilihan mereka sudah dianalisa dengan baik, mereka yakin suatu saat pasti akan naik. Dan ketika saham naik mereka juga tetap tenang, karena saham pilihannya berpotensi untung sampai ribuan persen.

Sekian dari Master Saham Indonesia, Terimakasih

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *