Cara Mendeteksi Bandar Saham, Investor, Waspadalah !!

cara mendeteksi bandar saham

Cara Mendeteksi Bandar Saham – Satu pesan saja dari MSI untuk kalian ketika membaca artikel ini, kalian melihat judul ini terdapat kata-kata “Bandar” pasti di pikiran kalian adalah “Judi“, bukankah begitu ??

Istilah bandar disini bukanlah bandar judi, ini hanya istilah saja. sebelum membahas ini ada baiknya kalian mengerti sebenarnya siapa itu bandar, dan kerjanya ngapain sih ??

Mendeteksi bandar saham merupakan bagian dari cara analisis saham teknikal, bukan termasuk kedalam analisa saham fundamental

Siapa sih Bandar Saham itu ?

Sebenarnya bandar saham itu adalah Market Maker, sebuah organisasi atau perusahaan yang mempunyai dana yang cukup besar untuk membeli atau menjual saham, dan menggerakan harga saham sesuai dengan tujuan tertentu. Kalian bisa membaca artikel ini untuk berkenalan lebih jauh dengan Bandar Saham (artikelnya masih dibuat hihihi).


Mendeteksi bandar saham itu sebenarnya masuk kedalam analisa saham teknikal, dan ini sangat sulit untuk di tebak dan dipelajari. Kecuali anda mendapat informasi dari orang – orang bandar saham tersebut, tetapi hal ini sangatlah mustahil.

Dan sejujurnya ini tidak perlu di pelajari oleh anda, anda boleh kok stop sampai disini membaca artikel ini, karena jika anda ingin menjadi investor sejati, ilmu ini memang tidak perlu dipelajari.

Atau anda sekarang malah tambah penasaran ?? baiklah..

Istilahnya teknik ini adalah Bandarmologi, sebuah metode/pendekatan untuk mengetahui keberadaan Bandar Saham, karena dia sangat handal untuk mempermainkan harga saham.

Mari kita bahas point yang paling inti dari artikel ini, yaitu cara mendeteksi keberadaan bandar saham,

Beberapa Cara Untuk Mendeteksi Keberadaan Bandar Saham

1. Melihat Bid Offer Saham

cara mendeteksi bandar saham
Melihat Bid Offer

Jika anda sudah mengerti tentang Bid-Offer boleh di skip point Penjelasan Bid Offer ini sampai pada point “Karakteristik Keberadaan Bandar Saham pada Bid-Offer“.

Cara Membaca Bid-Offer Saham

Bid Offer adalah sebuah dashboard untuk melihat berapa banyak supply and demand, atau penawaran dan permintaan. Penawaran (supply) dilambangkan dengan simbol Bid sedangkan Permintaan (demand) dilambangkan dengan simbol Offer, jadi didalam saham ini sering disebut bid-offer.

Disinilah harga saham akan bergerak naik dan turun.


Dari gambar diatas didalam kotak warna merah terdapat kolom Lot Bid & Offer, detailnya Lot pada Bid dan Lot pada Offer, apa artinya ?

Lot disebelah kiri yang berdekatan dengan Bid adalah jumlah Lot yang dibeli oleh investor pada harga Bid.

Lot disebelah kanan yang berdekatan dengan Offer adalah jumlah Lot yang dijual oleh investor pada harga Offer.


Sedangkan untuk kotak dibawah yang bergaris hijau adalah jumlah total Lot yang diperdagangkan, yang sebelah kiri adalah Lot permintaan (yang dibeli oleh investor) sedangkan sebelah kanan adalah Lot penawaran (yang dijual oleh investor).

Sampai disini anda sudah paham kan tentang dashboard bid-offer ?? oke, lanjut..


Menurut hukum ekonomi, jika permintaan lebih besar dari pada penawaran maka harga barang akan Naik, dan sebaliknya.

Disaham juga demikian, jika jumlah Bid besar maka harga saham kemungkinan besar akan Naik, dan sebaliknya.

Dengan gambar dashboard bid-offer diatas investor bisa melihat jumlah bid-offer suatu saham dan sebenarnya bisa memprediksikan harga saham tersebut akan naik atau akan turun dengan melihat kolom yang berwarna Hijau.

Karakteristik Keberadaan Bandar Saham pada Bid-Offer

Jika perbedaan dalam jumlah Lot Bid-Offer tidak terlalu mencolok, maka masih bisa ditoleransi bahwa saham tersebut murni transaksi oleh para investor.

Namun jika jumlah Lot Bid-Offer sangat tidak wajar, maka disitu sudah pasti terdapat bandar saham.

Point 1. Melihat Perbandingan Keseluruhan Jumlah Lot Bid-Offer

Kita lihat dari gambar diatas pada kolom warna Hijau, jumlah keseluruhan Lot Bid sangat tinggi hingga 200.000 namun jumlah Lot Offer sangat sedikit hanya 31.000 saja, jumlah Bid ini hampir mencapai 10 kali lipat dari jumlah Offernya, maka ini patut untuk dicurigai keberadaan bandar ada di saham ini.

Point 2. Melihat Setiap Harga pada Bid-Offer Saham

Kita lihat lagi dari gambar diatas diantara kolom berwarna Merah & Hijau. Itu adalah detail harga penawaran pada Bid & Offer, masing-masing harga terdapat jumlah Lot yang dibeli/dijual.

Kita tau bahwa terdapat jumlah Lot yang sangat mencolok yaitu 40.000 lot di harga 330, dan 30.000 lot di harga 328, padahal harga yang lain rata-rata ratusan dan ribuan saja.

Nah ini lah yang dinamakan ketidakwajaran, pada bid-offer. Jika point 1 dan point 2 diatas terpenuhi semua maka sudah dipastikan terdapat Bandar Saham disana yang ingin menaikan harga saham.

Keuntungan & Kerugian apa yang anda dapat dari Bandar Saham?

Jika anda bisa membaca keberadaan bandar saham, maka secara otomatis anda akan tahu saham mana yang akan Naik harganya dan mana yang akan Turun. Sesederhana itu saja.

Ini hanya dipakai oleh para Trader, bukan Investor. Karena seorang investor tidak memperdulihan hal ini. Makanya MSI menjelaskan diatas, jika anda ingin menjadi Investor, ilmu ini tidaklah penting.

Namun ini bagi para trader sangat berguna sekali, karena pendapatan mereka dengan cara jual beli saham dengan waktu yang singkat.

Jika seorang trader tahu keberadaan bandar saham, maka dia tahu harus mengambil action apa, apakah buy / sell, ketika seorang trader mengetahui bahwa harga saham akan naik maka dia akan membelinya, dan dia akan menjual di harga tinggi yang sudah dinaikan oleh bandar saham, Inilah Keuntunganya.

Sedangkan kerugianya adalah ketika anda membeli saham dan kemudian harga saham itu bisa diturunkan oleh bandar, maka seorang trader akan mengalami kerugian, tetapi tidak untuk seorang Investor,

Karena seorang investor berinvestasi jangka panjang pada saham yang sudah dianalisa dengan sangat matang dan percaya suatu saat pasti akan berkembang perusahaanya dan sahamnya akan naik.

Kenapa Investor Harus Waspada ?

Bagi seorang investor teknik bandarmologi sebenarnya tidak menjadi masalah, dan bukan suatu hal yang penting, namun kenapa harus waspada juga ?

Bandar Saham sebenarnya bisa menjadi musuh dan penghalang Investor, bisa juga menjadi sahabat seorang investor, bisa juga malah menjadi sebuah bumerang / senjata makan tuan, tergantung bagaimana maksud dan tujuan investor berinvestasi.

Maka dari itu sebenarnya Investor perlu mengetahui tentang cara mendeteksi bandar saham ini.

Review Overview
Understanding
SUMMARY

teknik bandarmologi adalah analisa teknikal yang sering dipakai para trader, MSI akan menjelaskan cara mendeteksi keberadaan bandar saham pada artikel ini

4.5

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *