Cara Mendapatkan Dividen Saham :: Resep Finansial Freedom !!

cara mendapatkan dividen saham

Sebelum anda mengetahui cara mendapatkan dividen saham, alangkah baiknya anda mengetahui tentang dasarnya terlebih dahulu,

Dividen Saham digambarkan sebagai bagian dari keuntungan perusahaan yang dibagikan kepada para pemegang sahamnya, bisa anda baca lebih lanjut di artikel ini Apa itu Dividen Saham ??

Besaran dividen tidak pasti, bergantung pada seberapa besar perusahaan dapat mencetak keuntungan serta bergantung pada porsi pembagian keuntungan yang di dapatkan yang biasanya telah ditetapkan terlebih dahulu pada Rapat Umum Pemegang Saham atau RUPS.

Biasanya para investor selalu memburu perusahaan-perusahaan yang membagikan dividen dengan jumlah yang besar seperti contoh nya pada artikel ini Dividen Saham Terbesar

Dividen dihitung berdasarkan jumlah per lembar saham yang kita miliki.

Lalu bagaimana cara mendapatkan dividen saham tersebut?

Setelah RUPS, maka akan keluar jadwal pembagian dividen, Ada beberapa istilah yang harus dipahami untuk mendapatkan dividen ini.

Istilah dalam Dividen Saham

Ada Cum date, Ex date, Recording date, Payment date, contohnya ini aku ambil dari saham POWR ya di RTI. POWR membagikan dividen sebesar Rp 36,836 untuk per lembar sahamnya. Untuk mendapatkan dividen ini, mari kita simak istilah-istilah berikut:

  • Cum date

Cum date adalah batas terakhir investor/trader masuk membeli saham tersebut. Harus terakhir hari itu, lewat dari tanggal ini maka tidak akan mendapatkan dividen. Dalam saham POWR diatas maka batas terakhir investor/trader masuk ke saham POWR adalah tanggal 10 Juni 2021.

  • Ex date

Ex date adalah tanggal minimal investor/trader dapat meninggalkan atau menjual saham ini. Ini optional sebenarnya, bisa hold atau dijual, semua bergantung pada keputusan investasi kamu. Untuk studi kasus diatas maka kamu dapat menjualnya di tanggal 11 Juni 2021.

  • Recording date

Di tanggal Recording date, kamu tidak perlu melakukan apapun. Pada tanggal ini, sistem yang akan bekerja, sistem akan mentrack apakah kamu memiliki saham yang dimaksud pada tanggal cum date dan diinapkan minimal hingga tanggal ex date.

Jika kamu masuk pada tanggal cum date namun dijual di tanggal cum date juga maka tidak akan mendapatkan dividen (Harus diinapkan).

  • Payment Date

Payment date adalah tanggal distribusi dividen ke RDN atau portofolio, dividen akan langsung masuk di RDN atau portofolio dengan sebelumnya akan ada email yang menerangkan jumlah total dividen yang diterima.

Cukup mudah dipahami bukan? Investor atau trader sudah pasti akan diuntungkan dengan adanya Dividen ini.

Semoga artikel ini membantu anda mengetahu cara mendapatkan dividen saham,

Jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan di kolom komentar ya..

Jangan lupa untuk bagikan artikel ini ke kerabat kamu, agar informasi dividen makin tersebar luas

Bye!!

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *