Cara Investasi Reksadana dengan Mudah

cara menabung reksadana

Cara Investasi Reksadana – Reksadana menurut MSI adalah tempat untuk menyimpan uang kedua setelah Bank, juga tempat untuk berinvestasi jika anda masih awam dengan dunia investasi.

Reksadana lebih aman dan lebih stabil performanya, dari pada saham.

Memang profit yang di berikan tidak sebanyak saham, tetapi setidaknya anda akan tetap mendapatkan keuntungan lebih, dibandingkan bunga Deposito Bank, bahkan 3 kali lipat dari Bank.

Tidak percaya ? baca deh artikel MSI yang ini Cara Menabung yang Benar

Anda yang membaca artikel ini, Serius ingin Menabung/Investasi Reksadana ? Jika serius, point pertama ini sangat penting sekali dari semua point, yaitu “Uang Dingin“. Banyak Investor pemula yang gagal karena point ini.

A. Menemukan Uang Dingin & Komitmen Investor

Istilahnya adalah “Uang Dingin”, misalnya seperti ini, MSI mempunyai gaji dari pekerjaan sehari-hari sebesar 10 juta perbulan, 10 juta tersebut ada di tabungan Bank, padahal kebutuhan MSI selama sebulan menghabiskan hanya 6 juta.

Artinya masih tersisa 4 juta rupiah, Nah 4 juta ini yang disebut uang dingin, karena hanya menumpuk dan kemungkinan tidak terpakai.

Saran MSI, Jangan sia-sia kan uang dingin ini hanya berada di Rekening Bank, segera Investasikan !!

Bisa saham, bisa juga reksadana.

Tetapi teorinya tidak semudah prakteknya, Ini berkaitan dengan komitmen anda, menyisihkan uang bulanan untuk di investasikan, banyak investor pemula yang tidak dapat mencapai profit maksimal, karena point pertama ini.

Tidak usah terlalu menggebu-gebu, cukup temukan uang dingin anda beberapa persen saja dan Investasikan, mungkin bisa 50% dari uang dingin anda, atau 40%.

Berarti jika uang dingin kalian 4 juta sesuai contoh diatas, 50% atau 40% nya adalah sebesar, 2 jutaan. Maka sisihkan sejumlah itu perbulan untuk di investasikan.

Yang Penting Konsisten, dan Komitmen Untuk Jangka Panjang.

Banyak investor pemula yang gagal di point ini, karena ya tidak konsistenya itu, terbawa hawa nafsu, tidak sabar melihat keuntungan ratusan persen ingin cepat-cepat diambil, padahal beberapa tahun kedepan bisa untung sampai ribuan persen.

MSI ingin kalian tidak meniru hal diatas, MSI ingin kalian benar-benar menjadi Investor sejati.

Mulailah berkomitmen pada diri anda sendiri untuk mulai berinvestasi.

B. Memilih Tempat Reksadana

Banyak orang menganggap Investasi Saham, Mutual Fund / Reksadana adalah judi, penipuan dan lain-lain, padahal mereka sendiri yang salah tempat berinvestasi.

Pilihlah tempat investasi yang terpercaya, misalnya anda ingin menabung reksadana, anda bisa memilih Bareksa, Bibit, Tokopedia Reksadana, Bukalapak Reksadana, masih banyak lagi.

Berinvestasilah di lembaga atau perusahaan ternama dan terpercaya.

1. Kemudadah Bertransaksi

Selain tempat yang benar, maka sebaiknya memilih tempat yang mudah untuk bertransaksi reksadana, yang tidak repot dan tidak lama prosesnya.

Misalnya seperti ini, anda ingin menabung reksadana di perusahaan A, namun tata cara menabungnya, anda harus Transfer dahulu, kemudian mengupload bukti transfer, menunggu pembayaran diverifikasi.

Proses seperti ini sangat lama dan tidak efektif, sebaiknya jangan memilih tempat menabung yang prosesnya masih seperti ini. Kenapa ? ya karena repot, Anda ingin repot ?

Pilihlah tempat yang mudah dan sudah otomatis proses pembayaranya.

2. Mempunyai Platform Digital

Ini penting, karena anda yang menabung reksadana pasti ingin mengetahui berapa total yang sudah di tabungkan, berapa keuntunganya sekarang, pasti anda butuh informasi ini kan ?

Pastikan anda mendaftar ke tempat yang mempunyai platform digitalnya, jadi anda bisa memantau terus perkembangan dana tabungan anda.

C. Memilih Jenis Reksadana

Reksadana itu sendiri mekanismenya, kita menginvestasikan uang kita ke perusahaan reksadana, kemudian Manajer Investasi perusahaan itu akan memasukan dana anda ke berbagai sektor keuangan, bisa saham, obligasi, pasar uang dan banyak lagi.

Dengan analisa seorang Manajer Investasi dan keputusan-keputusanya yang tepat, maka dana kita bisa berkembang lebih banyak dari jumlah semula.

Kemana dana anda akan dialokasikan oleh manajer investasi ? Ini bisa anda tentukan sendiri.

Jenis-Jenis Reksadana

Maka dari itu, pilihlah jenis reksadana yang tepat, jenis-jenis nya adalah :

  1. Reksadana Saham
  2. Reksadana Obligasi
  3. Reksadana Pasar Uang

Masing-masing jenis reksadana diatas ada plus minusnya,

Reksadana Saham, mempunyai prosentase keuntungan yang tinggi, namun juga beresiko tinggi juga.

Reksadana Pasar Uang, mempunyai prosentase keuntungan yang sedikit, namun sangat kecil kemungkinan ruginya bahkan tidak ada resiko sama sekali.

Reksadana Obligasi, mempunyai keuntungan yang tidak se tinggi Reksadana saham, namun mempunyai resiko rugi, tetapi tidak begitu tinggi, dan cenderung Naik terus.

Jika kita rata-rata dalam satu bulan, Reksadana Saham bisa untung mencapai 5% perbulan, Reksadana Obligasi 2 sd 3% perbulan dan Reksadana Pasar Uang 0,5 – 0,8 % perbulan.

Hasil diatas jika, tidak ada potensi rugi sama sekali.

MSI tahu benar, pasti kalian tidak ingin RUGI, pada dasarnya kita sudah memasrahkan kepada seorang professional, yaitu seorang Manajer Investasi.

Reksadana pada akhirnya pasti berakhir dengan keuntungan, RUGI disini sebenarnya tidak benar-benar rugi, hanya sebuah floating / status saja yang sedang minus, karena kondisi ekonomi yang sedang bergejolak.

Yang benar-benar rugi adalah ketika mereka berinvestasi dan melihat floating kerugian, seketika itu langsung menjual investasinya.

Inilah pentingnya point pertama tadi, jika anda sudah berkomitmen menjadi investor, maka tidak ada masalah ketika pasar sedang minus, justru ini kesempatan untuk membeli lagi.

Pada akhirnya 3 sampai 5 tahun kedepan pasti untung, ratusan persen.

Sekian dahulu artikel cara investasi reksadana dari MSI, sekian terima kasih,..

Review Overview
SUMMARY

berikut ini cara investasi reksadana terbaik agar bebas secara finansial, mulai menabung reksadana sejak muda memperbesar peluang kesuksesan

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *