Cara Baca Portofolio di Mirae Secara Keseluruhan

minimal deposit mirae asset

Banyak diantara pembaca yang masih merasa bingung, bagaimana cara baca portofolio di Mirae? Karena banyak sekali istilah yang awam seperti nilai Cash, Cash on t+2, Net Asset Value, remain traading limit,  danSettlement.

MSI akan sharingkan bagaimana cara baca portofolio di mirae dengan Bahasa yang mudah.

Jadi artikel ini khusus untuk pengguna mirae ya. Tapi kalo reader MSI mau request artikel lain bisa juga, langsung comment di bawah ya.

Oke, device yang di gunakan kali ini laptop ya versi desktop, untuk masuk ke portofolio, langkah pertama yaitu..

Buka dulu HOTS nya, kemudian masuk ke Menu Account, pilih Portofolio. Atau bisa pakai kode menu 0800 di search. Masukan PIN, maka akan muncul semua total dana beserta saham-saham yang kita entry.

Cara Baca Portofolio di Mirae

Ada 4 tab (Portofolio, Portofolio Return, Chart of Portofolio Return, Gain/Loss). Tab ke 2, 3, 4 hanya menerangkan perubahan portofolio saja Jadi kita focus dengan tab Portofolio saja ya. Ini langsung ditampilkan beserta nominalnya ya agar lebih biar jelas.

Pada portofolio bagian atas ditampilkan cash/cash on t+2. Cash ini artinya uang yang di punyai saat itu di RDN, bedanya dengan cash on t+2.

Kalau hanya cash saja artinya total uang yang dipunyai sebelum pembelian atau penjualan saham. Sedangkan cash on t+2 adalah uang bersih setelah settlement pembelian atau penjualan saham.

Karena aturannya memang begitu, hari settlement adalah 2 hari setelah terjadi transaksi.

Anggap saja hari t adalah hari H atau hari ini. Jadi t+2 jatuhnya 2 hari kemudian (hari kerja tentunya ya). Hal ini juga terimplikasi di bagian bawah juga yakni di bagian settlement.

Arti dari Settlement

Tanggal settlement transaksi hari ini (17 Mei 2021) jatuh di tanggal 19 Mei 2021. Karena tadi saya melakukan transaksi buy nominal 1.975.000 maka dengan fee beli mirae sebesar 0.15%  maka totalnya Rp 1,977,962 terdapat di bagian payable atau utang karena transaksi beli.

Sedangkan kalau transaksi jual, maka akan masuk di bagian receivable atau piutang.

  • Net amount adalah hasil totalnya (Receivable – payable)
  • Interest amount itu bunga dari RDN,
  • Fund transfer adalah tarik dana ke rekening pribadi (tergantung dana yang ditarik yang  di t+1 atau t+2).
  • Total outstanding adalah dana akhir yang sama dengan yang di tampilkan pada bagian portofolio diatas.

Untuk bagian remain trading limit, ini merupakan fasilitas limit penggunaan utang yang diberi dari mirae, semakin besar dana RDN nya, maka fasilitas limit utangnya makin besar pula.

Perbedaan Cash dan Cash on T+2

Bisa dilihat sewaktu dana ada di 4 juta an total limitnya mencapai 9x lebih dari total dana, sedangkan pada dana 2 jt an hanya mencapai 3x dari total dana.

Tapi inget-inget, Gunakan limit utang yang sekiranya dibutuhkan ya, jangan sampai kita ga bisa tebus utangnya.

Bagian bawah terdapat Aseet Value yang merupakan total dana RDN ditambah dengan seluruh saham yang dipunyai. Kemudian di bagian tengah ada stock portofolio beserta floating gain/loss dari seluruh saham yang dipunyai.

Begitu cara baca portofolio di mirae secara kesueluruhan, mudah di pahami kan? Thanks udah baca sampai akhir, semoga materi ini bermanfaat.

Artikel ini juga sudah tampil di Channel Youtube MSI, silahkan dikunjungi ya https://www.youtube.com/watch?v=tvzjHNBEUtA&t=226s

Cara Membaca Portofolio di Mirae Sekuritas

Bantu support MSI dengan Share Artikel ini ke semua kanal medsos yang kalian miliki. See you!!!

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *