6 Aplikasi Gratis Untuk Screening Saham

aplikasi untuk investasi saham

6 Aplikasi Wajib Untuk Investasi Saham & Screening Saham

Saham bukanlah sesuatu yang rumit. Menurut Warren Buffett saham adalah sebuah seni, tidak perlu menjadi orang yang sangat pintar untuk mempelajarinya, karena saham hirarki yang sebenarnya dapat dipelajari semua orang.

Saat ini, terdapat banyak alat bantu untuk mempelajari saham, munculnya berbagai aplikasi yang menyediakan informasi saham membuat investor jaman now mudah untuk mempelajarinya. Bisa dibilang aplikasi-aplikasi ini adalah wajib untuk dimiliki karena mengandung banyak hal yang berkaitan dengan saham.

Beberapa aplikasi tersebut bahkan tidak berbayar alias FREE DOWNLOAD di Appstore atau Android.

Kali ini, Master Saham akan membagikan 6 Aplikasi Wajib yang harus dimiliki investor:

  1. Platform Online Sekuritas (Appstore & Android)
  2. RTI Business (Appstore & Android)
  3. Data Saham Indonesia (Android)
  4. Investing.com (Appstore & Android)
  5. IDX Channel (Appstore & Android)
  6. Stocks (Appstore)

Kita akan kupas satu per satu ya!

1. Platform Online Sekuritas

aplikasi screening saham milik sekuritas
Platform Trading Mirae Asset Sekuritas

Dengan aplikasi platform trading online Anda dapat terus memantau sejauh mana perkembangan investasinya. Semua transaksi jual-beli Anda dilakukan dilakukan di aplikasi ini. Bagi sebagian orang bilang “Ini sih jelas harus diinstall yak (:v). Karena kalo tidak di install, investor tidak dapat melihat perkembangan portofolio sahamnya”. Meskipun banyak yang berkata demikian, tapi ada juga lho investor yang tidak menginstall aplikasi trading online-nya. Biasanya investor seperti ini adalah investor yang sudah sangat yakin mengenai kinerja perusahaan yang di beli sahamnya.

2. RTI Business

aplikasi screening saham rti
RTI Business

Aplikasi kedua adalah RTI Business. Aplikasi ini boleh dibilang sumber dari kegiatan investor maupun trader. Aplikasi RTI membantu untuk mengetahui secara jelas pergerakan indeks, tidak hanya indeks yang berlaku di Indonesia, tetapi juga indeks yang berjalan di Europe (Jerman, Inggris), Asia (Tokyo, Hongkong, Shanghai, Singapore), dan juga America. Di aplikasi RTI, Anda juga dapat melihat kurs berbagai mata uang seperti dollar America, Dollar Australia (AUD), Dollar Singapore (SGD), Chinese Yuan (CNY), Japanese Yen (JPY). Anda juga dapat melihat pergerakan komoditi emas atau platinum lho!

RTI juga menyediakan informasi yang berkaitan dengan perusahaan atau emiten seperti berita terbaru, laporan keuangan serta jadwal pembagian dividen. Lengkap sekali kan?

3. Data Saham Indonesia

aplikasi screening saham data saham indonesia
Data Saham Indonesia

Aplikasi yang tidak kalah penting lainnya bernama Data Saham Indonesia. Aplikasi ini juga dapat diinstal di semua jenis smartphone (kecuali IPhone). Data Saham Indonesia adalah aplikasi berbayar jika ingin mencari informasi yang lebih lanjut namun jika Anda menggunakannya hanya sebagai pelengkap aplikasi lain maka tidak perlu menggunakan versi yang berbayar, informasi yang disediakan sudah cukup lengkap.

Hampir sama dengan RTI, DSI (Data Saham Indonesia) juga memiliki fitur News, Currency (Kurs Mata Uang), harga komoditi. Namun ada yang berbeda dari DSI, DSI menyediakan fitur Top Stock serta Bandarmology yang dapat melihat pergerakan Bandar saham.

4. Investing.com

aplikasi screening saham investing
Investing

Aplikasi investing.com dapat membantu Anda dalam melihat pergerakan saham dunia. Jika kita ingin mencari saham diiluar Indonesia, aplikasi ini sangatlah tepat digunakan. Selain itu, di aplikasi investing.com, Anda juga dapat melihat harga support dan resist suatu saham yang tentunya akan membantu Anda dalam mengestimasi harga penjualan maupun pembelian. Ada webinar nya juga lho, dan semua diisi oleh pakarnya seperti Barry Norman, Alan Greenwald, Kiana Danial.

5. IDX Channel

aplikasi screening saham bursa efek indonesia
IDX Channel

Jika Anda belum memiliki aplikasi IDX Channel, segeralah install. IDX Channel menghadirkan berita yang paling up to date yang berkaitan dengan saham. Berita ini dapat berbentuk berita perusahaan maupun berita pasar yang sedang ramai diperbincangkan.

IDX sering kali menjadi rujukan para investor dan trader dalam berinvestasi saham, karena berita sekecil apapun dari luar akan sangat berpengaruh pada indeks harga saham. Biasanya naik-turunnya IHSG juga bergantung pada berita-berita yang ada disini. Jika ada jadwal LIVE, kita juga bisa ikutan streaming lho! Nambah ilmu dengan GRATIS.

6. Stocks

aplikasi screening saham ios
Stocks

Di aplikasi Stocks, Anda dapat melihat indeks harga saham amerika seperti saham pada peruhaan Apple, Nike, Starbucks, WaltDisney dan sebagainya. Aplikasi Stocks bekerja sama dengan Yahoo untuk mengambil berita-berita pasar dunia. Menariknya, Chart pada masing-masing saham tidak hanya terlihat 5 tahun saja namun juga dapat dilihat secara keseluruhan mulai dari saat IPO (Initial Public Offering) hingga sekarang.

Nah, itu dia ke 6 aplikasi screening saham yang dapat menunjang aktivitas investasi Anda, berinvestasi haruslah bijak, rajin membaca banyak informasi akan memudahkan Anda mengambil keputusan dengan tepat.

Salam MSI, senang berinvestasi 🙂

Review Overview
SUMMARY

berikut ini adalah 6 aplikasi super keren, untuk membantu investor screening saham dengan teknik fundamental & teknikal saham yang akurat

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *